Pemkot Tegal Raih Penghargaan Anugerah Layanan Investasi Bahari dari Kementerian Investasi/BKPM

Pemkot Tegal Raih Penghargaan Anugerah Layanan Investasi Bahari dari Kementerian Investasi/BKPM

PENGHARGAAN - Sekretaris Daerah, Asisten III, dan Kepala DPMPTSP menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono.-HUMAS PEMKOT FOR RADAR TEGAL -

TEGAL, DISWAYJOGJA - Pemerintah Kota Tegal (Pemkot) meraih Penghargaan Anugerah Layanan Investasi Bahari dari Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (Kementerian Investasi/BKPM) setelah Kota Tegal menjadi Kota Terbaik di Wilayah Barat Indonesia yang mampu memberikan layanan kemaritiman dan menciptakan iklim investasi yang prima. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi AC Portabel 2023 Terbaik dan Murah, Sebagai Pilihan Keluarga!

Penyerahan penghargaan dilakukan dalam acara Sail Teluk Cendrawasih (STC) di Pantai Samau, Kabupaten Biak, Provinsi Papua (23/11/2023). Penghargaan untuk Pemkot diterima Kepala DPMTPSP Kota Tegal Sartono Eko Saputro dan telah diserahkan kepada Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono bersama Sekretaris Daerah Agus Dwi Sulistyantono dan Asisten III Ilham Prasetyo.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Mesin Pengering Pakaian Terbaik 2023 untuk Memudahkan Pekerjaan Rumah

“Pencapaian ini membuktikan Pemerintah Kota Tegal mampu memberikan iklim investasi yang baik dan bersahabat serta mampu mengangkat potensi bahari dan potensi maritim,” kata Kepala DPMPTSP Kota Tegal Sartono Eko Saputro.

BACA JUGA:Motor Honda CB150R Streetster 2024 Resmi Dirilis, Ini Desain dan Penampakannya

Menurut Sartono, ada sejumlah indikator yang menjadi tolak ukur keberhasilan daerah dalam menciptakan investasi prima di bidang kelautan atau kemaritiman. Pemenuhan kriteria indikator juga didukung dengan penerapan berbagai jenis Inovasi layanan yang mulai dirintis sejak 2014. DPMPTSP Kota Tegal telah mengimplementasikan layanan inovasi.

BACA JUGA:Harga Murah Spek Vivo X80 Pro 2023, Hadir dengan Fitur Terbaik dan Canggih!

Antara lain, Layanan Gerai Investasi bekerja sama dengan Provinsi Jawa Tengah Layanan ini memberikan kemanfaatan paling berdampak pada sektor perikanan karena inovasi ini memberikan kemudahan layanan perizinan bidang perikanan tangkap yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, namun dapat dilayani DPMPTSP Kota Tegal. 

BACA JUGA:Kado HUT Korpri, Brebes Raih Kabupaten Sehat 2023 dari Menteri Kesehatan

”Sehingga para nelayan dan pelaku usaha perikanan tidak perlu ke DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah di Semarang,” ujar Sartono. Kemudian Layanan Serbu Seribu NIB, Melapak Pedal (Meja Bantu Layanan Pelaporan Aktivitas Penanaman Modal), Layanan NIB on Call Tahun, Wisata Pelayanan Publik, dan Digimon (Digital Matchmaking Online).

Menurut Sartono, penerapan inovasi-inovasi tersebut mampu mengoptimalkan realisasi investasi di Kota Tegal pada 2022, sehingga mencapai Rp3,19 triliun melebihi dari target yaitu Rp1,79 triliun dengan persentase capaian 178,48 persen. Peningkatan realisasi investasi tentunya berbanding lurus dengan peningkatan kemudahan berusaha di Kota Tegal yang dirasakan oleh para pelaku usaha. 

Lebih lanjut disampaikan, sektor perikanan merupakan sektor primer unggulan yang memberikan kontribusi paling dominan pada struktur investasi Kota Tegal. Berdasarkan data Sistem Online Single Submission, pada 2022 sektor perikanan telah memberikan kontribusi pada capaian investasi Kota Tegal sebesar 9,77 persen atau sebesar Rp174.903.210.014 dari 281 proyek.

“Sampai dengan 28 November 2023 capaian investasi sektor perikanan telah mencapai Rp103.277.500.000 dari 104 proyek atau sebesar 5,57 persen dari total investasi di Kota Tegal,” terang Sartono. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: