Dongkrak Roda Ekonomi, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Akan Permudah Investor Masuk Kota Santri

Dongkrak Roda Ekonomi, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Akan Permudah Investor Masuk Kota Santri

PERMUDAHKAN - Untuk mendongkrak roda perekonomian, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq terus mempermudah investor masuk Kota Santri. -TRIYONO/RADAR PEKALONGAN -

KAJEN, DISWAYJOGJA - Dalam rangka mendongkrak roda perekonomian, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq terus mempermudah investor masuk Kabupaten Pekalongan. Dengan langkah itu, diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran.

BACA JUGA:Pasar Darurat Krempyeng Wiradesa Pekalongan Ambruk, 4 Pedagang dan 3 Sepeda Motor Tertimpa Reruntuhan

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menyatakan, dalam meningkatkan ekonomi, yang dilakukan salah satunya mempermudah investor masuk. Dengan begitu, akan tumbuh usaha baru di Kota Santri.  ”Pastinya kita akan mempermudah bagi investor masuk untuk membuka usaha di Kabupaten Pekalongan,” kata Fadia Arafiq.

BACA JUGA:Siap Berlaga di Liga 3, PSIW Kontak Pemain Klub dari Karanganyar Hingga Pekalongan

Langkah-langkah yang akan dilakukan di antaranya, dalam hal pembebasan lahan untuk membuka usaha, pihaknya tidak ikut campur. Jadi pengusaha atau investor bernegosiasi sendiri secara langsung bersama pemilik lahan.

”Saya tidak akan ikut campur yang penting pada saat itu sudah selesai akan kita bantu proses izinnya. Sehingga ekonomi hidup dan masyarakatnya bisa bekerja tidak usah jauh jauh merantau untuk jadi ini jadi itu, dan itulah yang sedang kami lakukan," terangnya.

BACA JUGA:Ini Dia Tips Memilih AC Portable yang Berkualitas dan Awet

Selain mempermudah izin, dalam menggerakan UMKM pemerintah selalu berkolaborasi untuk membantu para pelaku UMKM kecil. Di antaranya melalui penyaluran bantuan modal dari Baznas (Badan Amin Zakat Nasional) Kabupaten Pekalongan dengan nilai Rp3 juta sampai Rp10 juta tanpa pengembalian. ”Bantuan tersebut dengan syarat harus benar benar digunakan untuk kemajuan usahanya,” jelasnya.

BACA JUGA:9 Rekomendasi AC 3/4 PK Low Watt Terbaik, Menjadikan Udara Lebih Sehat dan Segar, Harga Mulai 3 Jutaan!

Kemudian untuk kolaborasi dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) kepada UMKM, agar bisa memberikan bunga yang benar-benar rendah bagi UMKM Kabupaten Pekalongan. Selanjutnya, untuk pengusaha pengusaha yang sudah kuat ini agar bisa ikut pameran produknya sampai ke luar kota, sehingga produk bisa dikenal didaerah daerah lain.

”Karena kalau kita jualan batik di Kabupaten Pekalongan itu sudah biasa, tetapi kalau jualan batik di Kalimantan atau lainnya ini membuat senang mereka. Sebab, mereka yang sudah pernah ikut pameran luar kota bisa langsung konek pesanan luar daerah, sehingga saya bisa memutus tangan ketiga langsung pengusaha ke pembeli,” tandasnya. (*)

Artikel ini sudah pernah terbit di radarpekalongan.id dengan judul https://radarpekalongan.id/bupati-akan-permudah-investor-masuk-kabupaten-pekalongan/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: