4 Langkah Mencuci Ac Dinding Sendiri di Rumah Seperti Teknisi Profesional, Jadi Dingin dan Hemat Listrik!!

4 Langkah Mencuci Ac Dinding Sendiri di Rumah Seperti Teknisi Profesional, Jadi Dingin dan Hemat Listrik!!

4 langkah membersihkan ac dinding di rumah seperti teknisi profesional--Pinterest

DISWAY JOGJA – Memasang ac dinding memerlukan kemampuan khusus karena sifatnya yang cenderung permanen dan memiliki dua unit, yaitu unit indoor dan outdoor. Tak mengherankan jika sembarang orang dapat memasangnya dengan sempurna.

Meski demikian, ac dinding memungkinkan jika dilakukan perawatan secara mandiri di rumah. Tak harus memanggil teknisi. Bagi yang terkendala informasi atau jarak dengan tempat teknisi ac hal ini mungkin dapat menjadi angina segar.

Ac dinding jika dicuci secara rutin memiliki banyak manfaat, mulai dari menjaganya tetap dingin, menghindari kerusakan karena evaporator tersumbat, juga memungkinkan tagihan listrik tidak membengkak karena amphere pada ac naik.

Meski demikian, masih banyak yang tidak mengetahui jika ac dinding juga memerlukan perawatan secara rutin dengan mencucinya. Terlebih jika dilakukan secara mandiri di rumah. Tapi tak perlu khawatir, berikut adalah caranya.

BACA JUGA:Ini Jenis AC yang Biasa Digunakan di Rumah, Mana AC Pilihan Anda?

Cara mencuci ac dinding secara mandiri di rumah

Peralatan yang dibutuhkan

Sebelum mencuci ac dinding pastikan beberapa peralatan dibawah ini ada. Sebab, memiliki peran penting. Jika tidak kamu dapat menggantinya dengan peralatan lain asalkan memiliki kemampuan yang sama.

1. Jetpam

Jetpam berfungsi untuk menyemprotkan air pada unit indoor evaporator ac dinding. Jika tidak ada kamu juga dapat menggunakan alat yang serupa, misalnya alat semprot manual.

2. Ember

Ember berfungi untuk menampung air pembuangan dari proses penyemprotan ke evaporator.

3. Selang yang memiliki kepala nosel

Selang memudahkan kita untuk menyemprotkan air pada evaporator dengan tekanan yang tinggi. Karena tujuannya agar debu yang menempel berjatuhan.

4. Talang plastik

Talang plastik berfungsi agar air yang disemprotkan tidak berjatuhan langsung ke lantai dan membuat lantai ruangan licin karena talang plastik mengarahkan langsung ke ember.

BACA JUGA:Panduan Memilih AC yang Tepat: Kenapa AC Low Watt Layak Dipertimbangkan?

Bagian yang perlu diperhatikan

#Bagian yang tidak perlu dicuci

  • Modul Kelistrikan

Setelah membuka cover pada unit indoor, terdapat bagian di sebelah kanan evaporator yang terhubung dengan berbagai macam kabel. Sebaiknya komponen elektrik ini jangan sampai terkena air, jika ragu-ragu dapat ditutup dengan plastik.

  • Dinamo

Dinamo juga berada pada bagian sebelah evaporator, sebaiknya tidak perlu disemprot dengan air agar tidak terjadi korslet.

#Bagian yang perlu dicuci

  • Evaporator (Bersihkan debu yang menyumbat)
  • Bagian belakang evaporator
  • Bagian blower (jarak semprot jangan terlalu dekat menghindari ada bagian yang patah)
  • Talang bawah dan talang atas

Untuk memeriksa talang dalam kondisi bersih atau kotor perlu untuk membuka dulu baut di samping evaporator agar evaporator dapat digeser.

BACA JUGA:5 Rekomendasi AC Portable 1 PK Terbaik, Udara Lebih Sejuk dan Mudah Dipindahkan, Yuk Simak Spesifikasinya!

Langkah mencuci ac dinding

1. Buka cover ac

Sebelumnya pastikan sambungan listrik sudah terlepas. Baru lepaskan cover ac dari baut yang mengaitkan. Carilah pada bagian depan sisi atas dan bawah. Pastikan semua baut yang mengaitkan sudah terlepas.

Lalu cek pengunci cover pada bagian belakang unit indoor, apabila ada lepaskan pengunci terlebih dahulu. Jika sudah lepaskan cover ac dengan mengangkat ke atas.

2. Pasang talang plastik

Langkah selanjutnya adalah memasang talang plastik. Kaitkan talang plastic dengan selang pada ember agar air langsung mengalir kesana.

 3. Semprotkan air

Semprotkan air pada bagian-bagian yang perlu di semprot sampai debu yang menempel terlepas. Semprotkan air dengan tekanan air yang cukup tinggi karena sela-sela pada evaporator cukup kecil.

 4. Pastikan sudah tidak ada debu yang menmpel

Jika evaporator depan sudah bersih, pastikan juga bagian belakang evaporator ac sudah tidak ada debu yang melekat. Setelah itu tak lupa juga bagian blower dan talang . 

Untuk mengecek kondisi talang ac apakah sudah kotor dapat dengan melepaskan evaporator dari bautnya. Tak perlu sampai dilepas, cukup angkat sebelah untuk melihat kondisi talang.

Jika terdapat debu pada talang sebaiknya bersihkan juga agar tidak menjadi penumbukan tanah pada talang. Sehingga menghindari terdapat air yang menetes dari unit indoor ac pada lantai.

BACA JUGA:Bingung Pilih AC Split atau AC Portable? Ini dia Perbedaannya!

Selain mudah dan murah, mencuci ac split secara mandiri juga menjaga performa ac agar tidak terganggu oleh debu yang melekat. Ac yang kotor dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap, yang lebih parah juga menjadi sarang bakteri.

Oleh sebab itu mencuci ac memiliki banyak manfaat. Terlebih jika dilakukan secara mandiri, biaya lebih irit dan tak perlu repot menghubungi teknisi untuk datang ke rumah.

Demikian cara mencuci ac dinding secara mandiri di rumah dengan mudah. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: