Panduan Memilih AC yang Tepat: Kenapa AC Low Watt Layak Dipertimbangkan?

Panduan Memilih AC yang Tepat: Kenapa AC Low Watt Layak Dipertimbangkan?

Panduan Memilih AC yang Tepat: Kenapa AC Low Watt Layak Dipertimbangkan?--Freepik+picsart

DISWAY JOGJA - Jika Anda sedang mencari AC untuk rumah Anda, mungkin AC 1 PK bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Aquaelektronik.com memberikan penjelasan yang perlu Anda ketahui mengenai AC Low Watt. Ini adalah alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan AC jenis ini.

Kenapa Harus Memilih AC Low Watt?

Apabila Anda memilih jenis AC split, Anda akan menemukan tiga tipe, yaitu standard, low watt, dan inverter. Pada dasarnya, tipe standard dan low watt hampir sama.

Perbedaannya terletak pada penggunaan daya kompresor pada tipe AC Low Watt yang dikurangi untuk menghemat energi. Oleh karena itu, AC Low Watt sangat cocok digunakan untuk rumah dengan daya listrik yang terbatas.

BACA JUGA:Jika Kalian Masih Bingung Perbedaan AC Inverter dan Non-Inverter? Simak Ulasan Dibawah Ini Biar kalian Faham!

Hal ini berbeda dengan AC tipe inverter yang bekerja keras saat dinyalakan untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Setelah mencapai suhu yang diinginkan, unit inverter akan mengurangi kinerjanya, sehingga penggunaan daya menjadi lebih efisien.

Namun, perlu diingat bahwa tipe inverter membutuhkan daya besar saat pertama kali dinyalakan. Maka, jika Anda hanya menggunakan AC untuk periode singkat, seperti 2-3 jam, tipe standard atau AC Low Watt mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Cara Menentukan Daya Pendingin Ruangan

Setelah Anda memilih tipe AC yang sesuai, langkah berikutnya adalah menentukan berapa PK yang dibutuhkan. Penggunaan PK yang tepat akan memastikan kenyamanan di dalam ruangan. Untuk menentukan PK yang sesuai, Anda bisa menggunakan rumus berikut:

BTU = Luas Ruangan dalam m2 x 500

BACA JUGA:Ini dia! Rekomendasi AC Portable Sharp yang Bagus dan Low Watt

BACA JUGA:12 Rekomendasi AC Hemat Listrik 2023 dengan Harga Murah, Mulai Dari 2 Jutaan Saja!

Dari rumus tersebut, Anda akan memperoleh angka BTU, yaitu British Thermal Unit. Hasil perkalian ini dapat Anda cocokkan dengan daftar berikut untuk menentukan ukuran PK yang tepat:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: