Masa Jabatan Komisioner KPU Brebes Berakhir, ”Jangan Panggil Saya Ketua, Panggil Saja Reza”

Masa Jabatan Komisioner KPU Brebes Berakhir, ”Jangan Panggil Saya Ketua, Panggil Saja Reza”

SUMBANG - Muamar Riza Pahlevi tetap produktif membuat buku selama menjabat komisioner KPU dan menyumbang buku.-SYAMSUL FALAQ/ RATEG -

BREBES, DISWAYJOGJA - Awal kan berakhir, bertemu akan berpisah. Menjadi penggalan syair lagu yang tepat, menggambarkan berakhirnya masa jabatan lima komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Brebes. Sebab, sejak menjabat periode 2018-2023 masa jabatan lima komisioner resmi tutup buku 23 Oktober 2023.

BACA JUGA:KPU Brebes Digelontor 31.455 Bilik dan 25.164 Kotak Suara

Ruang kosong dan rapi, menjadi pemandangan berbeda dalam lima ruang kerja komisioner KPU Brebes. Bahkan, tak terlihat lagi tumpukan berkas dan dokumen di atas meja. Hal itu, terungkap saat dua mantan komisioner mengambil barang pribadi pada Selasa (24/10) pagi.

Yakni, Muamar Riza Pahlevi yang pernah menjabat Ketua KPU dan Mochammad Muarofah Divisi Rendatin. Keduanya, beberapa kali memeriksa semua bagian dalam ruangan komisioner KPU. Tujuannya, memastikan tak ada lagi barang pribadi yang tertinggal dalam kantor penyelenggara pemilu tersebut.

BACA JUGA:Kapolres Tegal Cek Kesiapan KPU, Bawaslu dan Gudang Logistik Pemulu 2024. Ini Pesannya

”Karena sudah tak lagi menjabat Ketua KPU, jangan panggil ketua. Cukup panggil saya Reza,” ungkap mantan Ketua KPU Brebes dua periode tersebut.

Terkait semua kewajiban dan tugas komisioner, lanjut Reza, semua sudah diselesaikan sebelum tugas berakhir. Ada pun untuk mengisi kekosongan kepemimpinan KPU Kabupaten, karena saat ini belum pelantikan komisioner yang baru, semua tugas KPU sepenuhnya dikendalikan KPU Provinsi Jawa Tengah.

Sebab, proses dan tahapan pemilu 2024 sudah serta harus terus berjalan. Termasuk, yang paling mendekati pendistribusian logistik dan sarpras pemilu . Yakni, dropping bilik dan kotak suara pada hari ini (Rabu, 25/10-red). Sesuai rencana, dropping logistik awal pemilu tersebut akan disimpan di Gudang Utama Bulog Cimohong.

”Untuk kelanjutan konfirmasi atau keterangan resmi, bisa langsung ke Sekretaris KPU Brebes ibu Sri Wilujeng atau komisioner KPU Jateng," jelasnya.

Saat dikonfirmasi terkait rencana ke depan, Muamar Riza Pahlevi mengaku masih akan terus fokus mengawal Pemilu 2024. Menurutnya, meski sudah tidak lagi menjabat sebagai komisioner dan penyelenggara pemilu. Pengabdian untuk menyukseskan pemilu, masih bisa dilakukan dengan berbagai hal. Seperti, memberikan masukan, kritik hingga saran terkait mekanisme yang idealnya berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur.

”Tidak harus menjadi pejabat, hidup harus memberikan manfaat bagi sesama. Pesan itu, juga saya sampaikan ke semua staf KPU Berbes. Agar tetap melaksanakan tugas mengawal pemilu dengan sepenuh hati. Secara pribadi, saya juga meminta maaf jika selama bertugas ada sikap dan perilaku yang salah atau kurang berkenan,” tandasnya.

Harapannya, penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten Brebes dapat berjalan dengan lancar dan sukses tanpa ada masalah. Terlebih, selama menjabat komisioner KPU dua periode seluruh tahapan baik Pilpres, Pileg maupun Pilkada berjalan sukses. ”Semoga, ke depannya juga bisa berlangsung lancar, damai dan menghasilkan pemimpin terbaik,” harapnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: