KPU Brebes Digelontor 31.455 Bilik dan 25.164 Kotak Suara

KPU Brebes Digelontor 31.455 Bilik dan 25.164 Kotak Suara

PAPARAN - Ketua KPU Brebes menyampaikan paparan dalam rakor persiapan pengelolaan logistik pemilu dengan stakeholder terkait.-SYAMSUL FALAQ/ RATEG -

BREBES, DISWAYJOGJA - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Brebes akan menerima dropping sebanyak 31.455 bilik dan 25.164 kotak suara. Bahkan, logistik untuk Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif tersebut akan disimpan di Gudang Bulog Cimohong.

BACA JUGA:2.217 Pemilih Pemilu 2024 di Brebes Berpotensi Ganda, KPU Harus Segera Tindak Lanjuti

Hal itu terungkap saat Rapat Koordinasi Persiapan Pengelolaan Logistik Dengan Stakeholder dalam Pemilu 2024 di Dedy Jaya Hotel, Senin (23/10/2023). Rencananya, jadwal dropping logistik pilpres dan pileg untuk KPU Brebes akan tiba salam pekan ini.

Ketua KPU Brebes Muamar Riza Pahlevi kepada awak media mengungkapkan, rakor persiapan logistik Pilpres dan Pileg menjadi hal yang sangat penting. Terlebih, saat ini kendala pendistribusian akan menghadapi musim hujan. Sehingga, penyiapan gudang Bulog Cimohong akan digunakan sebagai gudang utama penyimpanan logistik KPU.

BACA JUGA:Kapolres Tegal Cek Kesiapan KPU, Bawaslu dan Gudang Logistik Pemulu 2024. Ini Pesannya

”Untuk jatah dropping awal, KPU Brebes akan menerima 31.455 bilik suara dan 25.164 kotak suara sesuai jumlah TPS. Berbahan duplek, sama seperti Pemilu 2019 lalu," kata Riza.

Terkait mekanisme pendistribusian logistik, lanjut Riza, semuanya masih menunggu jadwal dan tahapan selanjutnya. Namun, pihaknya mengaku sudah menggelar koordinasi dengan instansi dan semua stakeholder terkait. Khususnya, terkait pengamanan dan penyaluran logistik hingga TPS dengan melibatkan PPK dan PPS. Sehingga, pendistribusian logistik pemilu bisa tepat waktu, tepat jumlah dan efektif.

"Kalkulasi sementara, jumlah TPS sebanyak 6.291 titik dengan jatah dropping 4 bilik suara per TPS. Sedangkan, 5 kotak suara per TPS yang semuanya akan disimpan di Gudang Utama Bulog Cimohong," jelas Riza.

BACA JUGA:Merasa Dicurangi KPU, Partai Ummat Gugat ke Bawaslu Bawa 6.000 Alat Bukti

Muamar Riza Pahlevi menuturkan, terkait mekanisme pendistribusian logistik pemilu. Sepenuhnya menjadi tanggung jawab kontraktor supplier, sehingga KPU sifatnya hanya penerima. Namun, pihaknya juga memastikan menyiapkan gudang tambahan untuk penampung pendistribusian logistik.

"Selain gudang utama Bulog Cimohong, sebanyak 14 gudang di tiap kecamatan sudah kami siapkan. Kuncinya, bebas dari banjir, hama dan aman dari gangguan yang berpotensi merusak logistik pemilu," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: