Tetap Jaga Kesehatan saat Musim Pancaroba! Kenali 6 Tanda Khasnya!

Tetap Jaga Kesehatan saat Musim Pancaroba! Kenali 6 Tanda Khasnya!

Tetap Jaga Kesehatan saat Musim Pancaroba! Kenali 6 Tanda Khasnya!--Freepik+picsart

DISWAY JOGJA - Secara resmi di Indonesia hanya ada musim kemarau dan musim hujan, tetapi ada satu lagi yang dikenal oleh masyarakat Indonesia, yaitu musim pancaroba. Memang, musim ini banyak dikenal dengan meningkatnya jumlah orang yang sakit, angin kencang, banjir, hingga hujan badai.

Tentunya hal ini tidak membuat semua dampak musim pancaroba buruk loh, karena dampaknya terhadap lingkungan juga baik. Mari ketahui bagaimana cara menjaga kesehatan pada musim pancaroba dengan mengetahui pengertiannya di bawah ini!

BACA JUGA:Bibir Kering saat Musim Kemarau? Begini Solusinya!

Apa itu Pancaroba

Apa itu pancaroba? Kapan terjadinya musim pancaroba? Arti pancaroba adalah transisi dari satu musim ke musim selanjutnya, secara lebih spesifik, musim pancaroba adalah kapan terjadinya peralihan dari musim hujan ke musim kemarau dan sebaliknya.

Terjadinya musim pancaroba disebabkan oleh terjadinya perubahan angin muson yang bergeser dari Selatan ke Utara atau bisa juga sebaliknya.

Biasanya musim pancaroba ada di wilayah beriklim tropis, seperti Indonesia, Malaysia, dan banyak negara Asia Tenggara lainnya. Namun, meskipun sama-sama mengalaminya, kapan terjadinya musim pancaroba bisa berbeda-beda, bahkan di satu negara sendiri.

BACA JUGA:Musim Hujan Deman Berdarah Mengintai, Dinkes Yogyakarta Giatkan Program Satu Rumah Satu Jumantik

Di Indonesia, kapan terjadinya musim pancaroba di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku adalah Februari hingga April, tetapi di wilayah Jawa dan Bali adalah pada bulan September hingga November.

Saat sedang musim pancaroba, cuaca kering dan panas dengan basah dan lembab tidak menentu. Ini disebabkan oleh pergerakan angin muson dan zona konvergensi intertropis (ITCZ) sehingga bisa terjadi perubahan cuaca secara tiba-tiba. Perubahan cuaca ini juga ekstrim dan tidak menentu dan bisa menyebabkan terjadinya bencana alam, seperti banjir dan longsor.

Ciri-Ciri Musim Pancaroba

BACA JUGA:Panduan Perawatan Kulit di Musim Panas, Cocok Buat Kamu yang Sedang Merawat Kulit di Musim Panas

Terdapat beberapa ciri-ciri musim pancaroba yang perlu diketahui untuk bisa mengenali kapan terjadinya musim pancaroba dan mempersiapkan cara menjaga kesehatan pada musim pancaroba. Beberapa ciri-ciri dari musim pancaroba diantaranya adalah:

1. Terjadinya Perubahan Cuaca yang Ekstrim dan Tidak Menentu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: