5 Tips Membuat Ruangan Tetap Sejuk Meski Tanpa AC

5 Tips Membuat Ruangan Tetap Sejuk Meski Tanpa AC

5 Tips Membuat Ruangan Tetap Sejuk Meski Tanpa AC--Freepik+picsart

DISWAY JOGJA - Meski musim hujan telah tiba, kenyataannya adalah, di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, suhu panas dalam rumah Anda mungkin tetap tinggi.

Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cuaca yang panas, kurangnya ventilasi, dan penggunaan alat elektronik.

Penggunaan pendingin udara  AC bisa menjadi pilihan utama, tetapi kadang-kadang berperan sebagai beban karena biaya awal yang tinggi, biaya perawatan, dan konsumsi listrik yang signifikan. Terlebih lagi, AC tidak selalu tersedia di semua rumah.

Jadi, bagaimana cara menjaga ruangan tetap sejuk meski tanpa harus mengandalkan AC? Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda menjaga kenyamanan di dalam rumah tanpa perlu terus-menerus menggunakan AC:

BACA JUGA:Ilmuwan Menemukan Opsi Pengganti AC yang Ramah Lingkungan

1. Cabut Alat Elektronik yang Tidak Digunakan

Saat suhu di dalam rumah Anda terasa panas, setiap sumber panas tambahan dapat membuat ruangan semakin tidak nyaman. Alat-alat elektronik yang Anda biarkan tetap terhubung ke stopkontak bisa menghasilkan panas yang dapat meningkatkan suhu di dalam ruangan.

Oleh karena itu, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencabut semua alat elektronik yang tidak sedang digunakan. Ini akan membantu mengurangi panas yang dihasilkan oleh perangkat-perangkat tersebut dan membuat ruangan lebih sejuk.

2. Manfaatkan Cahaya Alami

BACA JUGA:10 AC Samsung Terbaru dan Harganya, Pendingin Ruangan yang Efisien dan Nyaman, Kamu Wajib Coba!

Menggunakan cahaya alami sebagai sumber pencahayaan adalah salah satu cara efektif untuk menjaga suhu ruangan tetap rendah. Lampu bukan hanya mengonsumsi listrik, tetapi juga menghasilkan panas yang bisa meningkatkan suhu di dalam ruangan.

Cobalah untuk memanfaatkan cahaya matahari sebanyak mungkin dengan membuka jendela dan gorden di siang hari. Ini tidak hanya membantu menghemat energi, tetapi juga memberikan cahaya yang lebih alami dan membuat ruangan terasa lebih sejuk.

3. Tutup Tirai Rumah

Tindakan sederhana seperti menutup tirai atau gorden di rumah Anda dapat membantu menurunkan suhu ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: