Begini Cara mengetahui AC Hemat Daya Listrik, Ternyata Cukup Lihat Sticker Ini...

Begini Cara mengetahui AC Hemat Daya Listrik, Ternyata Cukup Lihat Sticker Ini...

Ternyata cukup lihat sticker ini untuk mengetahui ac hemat daya--Pinterest

Biasanya kapasitas ac mesin 0,5 pk memiliki kemampuan menghasilkan kedinginan 5000 Btu/jam. Namun ada juga dengan kapasitas mesin yang sama kemampuan mendinginkannya tidak sampai 5000 Btu/h namun dayanya lebih sedikit.

Ketika menemukan ac 0,5 pk memiliki perbedaan kemampuan mendinginkan per jam (Btu/h) dibawah 5000 Btu/h dan dengan daya watt yang lebih rendah sebaiknya jangan mudah tertipu. Belum tentu lebih hemat.

Maka perhitungan angka EER atau jumlah bintang pada ac dapat membantu kita untuk menilai mana yang lebih hemat pada kasus demikian. 

Kemudian jika hasilnya diatas 10,41 maka termasuk hemat energi dan ternilai 4 bintang. Jika dibawah 10,41 maka tinggal dibandingkan dengan ac kapasitas mesin yang sama dan watt yang berbeda.

Demikian tips mengetahui ac hemat energi yang penting untuk diketahui agar tidak salah pilih dan menjadi konsumen yang bijak.

Perhatika juga kebutuhan yang diinginkan untuk menyesuaikan jenis ac yang akan digunakan. Jangan sampai karena ketidaktahuan dalam memilih ac menyebabkan penyesalan karena tagihan listrik di rumah membengkak. Semoga bermanfaat.  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: