Kepala SMPN 4 Kota Tegal Ajak Siswanya Stop Perundungan dan Bullying

Kepala SMPN 4 Kota Tegal Ajak Siswanya Stop Perundungan dan Bullying

Anggota Pramuka SMPN 4 Kota Tegal mengikuti perkemahan di Bumper Jalan Halmahera.-Agus Wibowo-jogja.disway.id

TEGAL, DISWAY JOGJA - Ratusan Anggota Pramuka SMP Negeri 4 Kota Tegal diminta mau dan mengatakan stop Perundungan atau bullying terhadap teman maupun juniornya.

Termasuk tindakan perpeloncoan, penghinaan fisik, kekerasan yang lazim dilakukan saat penyambutan anggota Pramuka yang baru.

Demikian dikatakan Kak Suwito, saat memberikan arahan kepada anak didik nya yang tengah mengikuti acara kemah di Bumi Perkemahan (Bumper) Jalan Halmahera.

BACA JUGA:KUR BRI 2023 Sangat Cocok Bagi UMKM yang Ingin Berkembang

Kak Suwito menyebut Perpeloncoan ini biasanya menjadi sebuah warisan yang sulit dihilangkan karena sifatnya yang turun menurun dan dilestarikan.

Senior mem-bully junior, junior yang kemudian naik tingkat dan menjadi senior membalaskan dendam dan bertindak seperti apa yang mereka terima saat junior dulu pada junior mereka saat ini.

"Begitu terus, ‘rantai setan’ ini tak pernah putus hingga seringkali memakan korban. Namun kami tegaskan, mulai sekarang tradisi itu harusnya dihilangkan," katanya.

BACA JUGA:Dapatkan Saldo Dana Gratis 2023 dengan Repocket. Cara Mudah Tambah Saldo Dana Anda Tanpa Mengundang Teman

Suwito yang juga Kepala SMP Negeri 4 Kota Tegal itu juga menilai seorang yang berpredikat pelajar, sebaiknya tidak melakukan tindakan bullying atau perundungan.

"Seorang pelajar berpredikat tidak pantas melakukan itu," ujarnya.

Selain itu, Suwito juga mengatakan, gerakan dan sosialisasi antiperundungan harus diperkuat agar kejadian tersebut tidak terjadi di dunia pendidikan.

"Sebagai anggota Pramuka maka harus melindungi, menyayangi, dan membantu sesama saudara termasuk mereka yang berkebutuhan khusus," ungkapnya.

BACA JUGA:20 Aplikasi Penghasil Saldo Dana Terbukti Membayar dan Tercepat di 2023

Karena hal ini sebagai penerapan dari Dasa Dharma Pramuka, cinta alam dan kasih sayang kepada sesama manusia.

Menurut dia, tidak mungkin Pramuka melakukan aksi perundungan karena Pramuka memiliki Dasa Dharma tersebut.

BACA JUGA:Rahasia Dapatkan Saldo DANA 1 Juta Hanya dengan Instal Aplikasi Ini!

"Karena Dasa Dharma, harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dasa Dharma pertama yaitu bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa sampai yang persahabatan yaitu suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan,” katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.disway.id