Pramuka Penegak Bantara Pangkalan SMK BP Adiwerna Dibekali Latihan Water Rescue

Pramuka Penegak Bantara Pangkalan SMK BP Adiwerna Dibekali Latihan Water Rescue

ANTUSIAS - Pelatihan penanggulangan bencana yang digelar tim SAR BPBD Kabupaten Tegal.-HERMAS PURWADI/RADAR SLAWI -

SLAWI, DISWAYJOGJA - Di tengah pelantikan  Pramuka Penegak Bantara Ambalan Sisingamangaraja-Marta Cristina Tiahahu Gudep 04.1171- 04.172 Pangkalan SMK Bhakti Praja Adiwerna, Kabupaten Tegal, relawan BPBD membekali mereka dengan latihan water rescue.

Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Pihaknya ingin adik-adik peserta dari Pramuka menyamakan persepsi. Sebab, Pramuka Peduli merupakan potensi sumber daya dalam menghadapi kebencanaan,ujarnya.

BACA JUGA:Kekeringan Meluas, Warga Jatinegara dapat Air Segar dari Anggota Pramuka

Menurut dia, dengan dibekalinya latihan water rescue, adik-adik peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam pertolongan kebencanaan. Karena itu, dia sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab, dapat meningkatkan kemampuan dalam kebencanaan, khususnya water rescue.

Dalam pembekalan tersebut, diberikan materi terkait penanganan dan penanggulangan bencana alam. Pengetahuan tentang kebencanaan dan teknik-teknik menolong korban apabila terjadi bencana.

Meski mereka masih siswa, dia berharap sudah mempunyai gambaran memberikan pertolongan pertama untuk menolong minimal teman atau keluarganya. Sebab, bencana memang tidak diharapkan, tapi bencana bisa datang kapan saja.

Jika terjadi bencana, minimal kita tidak panik dan dapat melindungi dan menyelamatkan diri sendiri,” tegasnya.

BACA JUGA:Lindungi Masyarakat, BPBD Kabupaten Tegal Kembangkan Pembentukan Desa Tangguh Bencana

Pelatihan dan simulasi bencana ini untuk memberikan pemahaman dan kesiapan para siswa ketika terjadi bencana alam. Kegiatan ini setidaknya memberikan siswa pengetahuan tentang manajemen posko utama, posko kesehatan, pertolongan pertama, penyelamatan di gedung bertingkat. Teknik mountaineering, shelter, assesmen logistik dan kehumasan. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: