KNKT Beberkan Penyebab dan Kronologi Kecelakaan Bus Pariwisata di Guci Tegal

KNKT Beberkan Penyebab dan Kronologi Kecelakaan Bus Pariwisata di Guci Tegal

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono saat merilis penyebab dan kronologi kecelakaan bus pariwisata, di Aula Puspita Kampus I Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, di Jalan Perintis Kemerdekaan Tegal, Rabu (4/10) pagi.-Yeri Noveli-jogja.disway.id

SLAWI, DISWAYJOGJA- Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akhirnya mengungkap penyebab dan kronologi kecelakaan bus pariwisata yang masuk ke sungai di tempat wisata Guci Kabupaten Tegal.

Kecelakaan tunggal yang terjadi pada Minggu 7 Mei 2023 itu, mengakibatkan 2 nyawa penumpang melayang, 2 orang luka berat dan 31 orang mengalami luka ringan.

BACA JUGA:KUR BRI 2023 Sangat Cocok Bagi UMKM yang Ingin Berkembang

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengungkapkan, kronologi kecelakaan itu bermula pada Minggu 6 Mei 2023 pukul 09.00 WIB, bus pariwisata B 7260 CGA membawa rombongan wisata religi dari Tangerang Selatan sebanyak 50 orang. 

Rute wisata mulai dari Tangerang Selatan -Cirebon - Pemalang - Guci Tegal - Pekalongan dan kembali lagi ke Tangerang Selatan. 

BACA JUGA:Simak dan Perhatikan, Pinjaman KUR 21juta hanya Membayar 100rb Perminggu!

Bus yang dioperasikan oleh PT Mitra Duta Sejati itu tiba dan bermalam di Guci Tegal pukul 21.00 WIB.

"Setelah sampai di Guci, para penumpang turun di dekat penginapan, lalu pengemudi mengendarai mobil bus ke tempat parkir tambahan karena tempat parkir Guci sudah penuh," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, saat menggelar media rilis di Aula Puspita Kampus I Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, di Jalan Perintis Kemerdekaan Tegal, Rabu 4 October 2023.

Soerjanto melanjutkan, setelah penumpang turun, pengemudi lalu memarkirkan bus dipandu oleh juru parkir. Pengemudi juga menarik ruas rem parkir dan mematikan mesin bus. 

BACA JUGA:Ini 2 Waktu yang Tepat Ajukan Pinjaman KUR di BNI, BRI Maupun Mandiri, Dijamin Cair!

Sedangkan kernet atau pembantu sopir bus, memasang ganjal roda di bagian depan kiri dan roda belakang kiri.

Setelah itu, pengemudi beristirahat di bagasi bus. Kernet istirahat di kursi penumpang.

Kemudian pada keesokan harinya, 7 Mei 2023 sekitar pukul 07.30 WIB, pengemudi terbangun karena penumpang mulai naik ke dalan bus. Kernet juga langsung menyalakan mesin bus dan pendingin ruangan (AC). Satu persatu penumpang naik ke dalam bus hingga berjumlah 35 orang. 

BACA JUGA:4 Jenis Produk Pinjaman KUR BRI 2023, Simak dan Pahami Langkahnya agar KUR Pinjaman Cepat Cair!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.disway.id