Bukan Gorengan! 8 Makanan ini Pantang dikonsumsi Penderita Kolesterol

Bukan Gorengan! 8 Makanan ini Pantang dikonsumsi Penderita Kolesterol

Kuning telur merupakan salah satu makanan yang perlu dijauhi penderita kolesterol -Disway-Pinterest ELLE Japan

DISWAYJOGJA.ID - Tak hanya nampak di bidang elektronik, berkembangnya teknologi juga kian memunculkan beragam makanan modern yang sukses diburu masyarakat. Namun siapa sangka dibalik kelezatan makanan-makanan tersebut, ternyata beberapa diantaranya berbahaya untuk dikonsumsi oleh kalangan tertentu.

Salah satunya bagi penderita kolesterol. Orang-orang dengan kadar kolesterol tinggi umumnya akan menghindari olahan berminyak seperti kerupuk dan gorengan. Namun tahukah kamu? ada banyak makanan lain yang baiknya dihindari oleh penderita kolesterol loh. Penasaran apa saja? Simak bacaan ini hingga selesai!

1. Daging

Bagi penderita kolesterol, baiknya hindari mengkonsumsi daging berlemak. Ini tidak lain karena kandungan lemak jenuh didalamnya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menyebabkan penumpukan plak di arteri.

Selain daging berlemak, usahakan juga untuk tidak mengkonsumsinya beberapa jenis mentega dan minyak nabati.

BACA JUGA:Berikut! 5 Manfaat Ubi Ungu Yang Jarang Diketahui, Bisa Untuk Penderita Asam Urat

2. Kuning telur

Ada beberapa makanan seperti kuning telur, hati, hingga olahan laut seperti udang dan kepiting, yang harus dikonsumsi dengan bijak oleh penderita kolesterol tinggi. Ini karena makanan tersebut mengandung kolesterol tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol total dalam tubuh. 

3. Makanan tinggi garam

Beberapa makanan tinggi garam seperti sosis, bakso, dan kornet, baiknya dihindari oleh penderita kolesterol tinggi. Garam dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang memperburuk masalah kolesterol.

BACA JUGA:Catat Bestie! Ini Batasan Minum Kopi untuk Penderita Hipertensi

4. Makanan Cepat Saji

Jika kamu penderita kolesterol, hindari mengkonsumsi makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, dan minuman bersoda, yang mengandung lemak jenuh, gula, dan garam dalam jumlah tinggi. Konsumsi makanan ini dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi hingga masalah kesehatan lainnya. Bahaya ngga tuh.

5. Keripik dan Kacang-Kacangan

Tahukah kamu? Banyak kacang-kacangan dan keripik siap saji yang mengandung minyak kelapa atau minyak kelapa sawit, dimana keduanya mengandung lemak jenuh. Mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

BACA JUGA:8 Pemanis Pengganti Gula yang Aman Bagi Penderita Diabetes

6. Alkohol

Tidak hanya makanan, penderita kolesterol diharuskan untuk menghindari minuman beralkohol. Mengkonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan kadar trigliserida, yaitu salah satu jenis lemak dalam darah yang dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung hingga masalah kolesterol.

7. Gula dan Karbohidrat Olahan

Jika kamu berfikir penderita kolesterol hanya pantang mengkonsumsi makanan berlemak, itu salah. Penderita kolesterol juga diharuskan menjauhi makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan, seperti permen, minuman manis, roti putih, dan pasta.

Makanan-makanan tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Mengkonsumsinya secara berlebihan dapat mempengaruhi metabolisme lemak dan menyebabkan peningkatan risiko kolesterol tinggi.

BACA JUGA:Bikin Gula Darah Melonjak Drastis, 3 Gaya Hidup Ini Wajib Dihindari Penderita Diabetes

Mayoritas makanan diatas memang cenderung mengandung lemak jenuh, kolesterol, garam, atau gula yang tinggi. Ini karena lemak jenuh dan kolesterol tinggi dalam makanan dapat meningkatkan risiko penumpukan plak pada arteri, yang dapat menyebabkan penyakit jantung hingga stroke. 

Sedangkan makanan dengan garam dan gula yang berlebihan dapat mempengaruhi keseimbangan lipid dalam tubuh dan menyebabkan peningkatan risiko kolesterol jahat.

Penderita kolesterol tinggi disarankan untuk mengganti makanan-makanan di atas dengan sesuatu yang sehat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, ikan berlemak rendah merkuri seperti salmon, dan produk susu rendah lemak atau non-lemak. Dengan mengkonsumsi kadar kolesterol jahat akan menurun sementara kadar kolesterol baik dalam tubuh akan meningkat. 

Tak hanya menjaga makanan, penderita kolesterol tinggi juga sangat disarankan untuk mengikuti gaya hidup sehat seperti berolahraga secara teratur, tidak merokok, dan masih banyak yang lain. Semoga bermanfaat!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: