Berikut! 5 Manfaat Ubi Ungu Yang Jarang Diketahui, Bisa Untuk Penderita Asam Urat

Berikut! 5 Manfaat Ubi Ungu Yang Jarang Diketahui, Bisa Untuk Penderita Asam Urat

ubi ungu--

 

DISWAY JOGJA - Ubi Ungu memiliki berbagai manfaat yang banyak dan cocok untuk kesehatan tubuh anda.Ubi ungu sangat banyak mengandung antioksidan yang baik untuk memelihara Jantung, Pencernaan, Fungsi Kognitif, dan Kesehatan Hati. Ubi Ungu ini juga cocok untuk para penderita diabetes. Ubi ungu memiliki kadar yang lebih baik dalam menjaga kesehatan tubuh anda. Ubi ungu memiliki antioksidan 2,5 kali lebih banyak dibandingkan dengan ubi biasa. Menurut USDA, nutrisi untuk 1 ubi ungu panggang ukuran sedang yaitu 151 kalori, 4 gram protein, 0 gram lemak, 34 g karbohidrat, 3 gram serat, 943 mg potasium (20% Nilai Harian), dan 22 mg vitamin C (24% DV ).

Dengan memiliki yang kaya nutrisi dari Ubi Ungu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anda antara lain :

BACA JUGA: Simak! 5 Manfaat Kencur Yang Wajib Anda Ketahui, Dapat Mengurangi Stres?

1. Meningkatkan Kesehatan Hati

Berbagai nutrisi dan senyawa yang dimiliki oleh ubi ungu sangat ampuh untuk meningkatkan kesehatan organ hati anda. Menurut jurnal Food and Chemical Toxicology, manfaat ubi ungu jika diekstrak bisa membantu untuk mengurangi jaringan parut pada hati. Antosianin ubi juga dapat membantu memperbaiki gejala fibrosis hati. Jurnal yang sama melaporkan bahwa senyawa ubi ungu menurunkan peradangan hati. Ubi ungu sangat bagus dila dikonsumsi dengan cara dikukus denngan baik. Sehingga dapat meningkatkankualitas kesehatan anda.

 BACA JUGA: Unik!! 6 Manfaat Susu Kambing Ettawa Bagi Tubuh, Kamu Wajib Mencobanya.

2. Memperlambat Proses Penuaan Anda

Dalam Ubi ungu memiliki senyawa bernama anthocyanin yang merupakan senayawa antioksidan yang sangat kuat dan dengan senyawa inlah ubi ungu memiliki fungsi untuk memperlambat penuaan dalam tubuh anda. Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan mencatat bahwa manfaat ubi ungu yaitu antosianinnya bisa membunuh radikal bebas dalam tubuh. Bahkan, ubi ungu berpotensi menurunkan glukosa darah dan mencegah tumor.

3. Baik Untuk Penderita Diabetes

Mengonsumsi ubi ungu bisa membantu kamu mengelola gejala diabetes karena kandungan flavonoidnya bisa menurunkan kadar glukosa darah. Salah satu studi menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak ubi ungu terbukti mampu menurunkan kadar lemak darah dan kadar glukosa darah.

4. Memiliki sifat Anti Kanker

Ubi jalar ungu merupakan sayuran fungsional yang kaya akan antioksidan sehingga manfaat ubi ungu lainnya yakni bisa mencegah perkembangan dan penyebaran sel kanker.Satu percobaan laboratorium menemukan bahwa antosianin ubi ungu bisa membantu  mencegah kanker kolorektal dengan membunuh sel-sel ganas. Beberapa ilmuwan juga menemukan bahwa fraksi antosianin membantu mencegah mutasi sel. Kita tentu tau bahwa jkanker adalah penyakit yang sangat membahayakan untuk tubuh anda. dengan anda memakan makanan yang kaya antioksidan sepeerti nutrisi yang terkandung dalam ubi ungu ini maka dapat meminimalisir kanker dalasm tubuh anda.

5. Dapat Mengurangi Gejala Asma

Pada intinya, manfaat ubi ungu sangat banyak untuk kesehatan dan sebagian besar karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Namun, kamu juga harus berhati-hati agar tidak mengonsumsi ubi termasuk ubi ungu secara berlebihan karena justru tidak baik untuk kesehatan.

Asma adalah penyakit peradangan kronis pada saluran udara. Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan tinggi antioksidan dikaitkan dengan penurunan risiko asma. Studi juga menunjukkan bahwa makanan yang asupan vitamin C-nya rendah memiliki peningkatan risiko asma sebesar 12 persen. Jika ubi ungu kaya akan antioksidan termasuk vitamin A dan C, berarti bisa membantu tingkat asupan harian vitamin tersebut. Kita tau bahwa ubi ungu memiliki berbagai macam senyawa dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh anda dan wajib anda konsumsi setiap harinya untuk memberikan kebutuhan nutrisi yang cukup bagi tubuh anda.

 BACA JUGA:Keren, Ini Dia 7 Manfaat Biji Buah Pepaya yang Jarang Kalian Ketahui! no3 Dapat Mencegah Penyakit Kanker

itulah 5 manfaat ubi ungu jalar yang bisa anda ketahui sehingga anda yakin untuk mengkonsumsi ubi yang kaya akan nutrisi ini.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: