Catat! Ini 20 Aturan Sosial Tidak Tertulis dalam Berinteraksi, No 13 Paling Penting!

Catat! Ini 20 Aturan Sosial Tidak Tertulis dalam Berinteraksi, No 13 Paling Penting!

Ilustrasi berinteraksi dengan orang lain -Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Manusia dilahirkan sebagai makhluk sosial yang mau tidak mau harus bersosialisasi dengan orang lain. Ini karena kita tidak bisa terus menerus melakukan sesuatu dengan hanya mengandalkan diri sendiri.

Kita akan selalu melibatkan orang lain baik saat belajar, bekerja, bertransaksi, dan masih banyak kegiatan lainnya. Nah, dalam interaksi kita tidak boleh seenaknya saja dalam bertutur kata, berperilaku, maupun melakukan suatu tindakan.

BACA JUGA:Rahasia Bahagia: 10 Hal yang Harus Kamu Tinggalkan di Tahun 2023

Ada banyak peraturan tak tertulis yang harusnya kita ketahui, selain untuk kebaikan diri sendiri maupun orang lain. Aturan-aturan ini baiknya kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan suatu interaksi yang sehat. 

Apa saja kira-kira? Berikut 20 aturan sosial tidak tertulis yang wajib kamu tahu, simak sampai selasai!

1. Jangan merencanakan sesuatu di depan orang yang tidak kamu ajak.

2. Jangan main handphone ketika ada orang yang berbicara kepadamu.Terutama jika jika lawan bicaramu itu adalah orang yang lebih tua. Cobalah untuk tetap mendengarkan dan memperhatikan dengan baik sekalipun itu membosankan. 

Bermain handphone ketika diajak bicara akan membuat orang lain merasa diabaikan dan tidak dihargai. Bukankah kamu tidak senang jika sedang berbicara namun tidak ada yang mendengarkan?

BACA JUGA:Jangan Langung Tidur! 4 Rutinitas Malam ini dijamin Bikin Hari mu Lebih Baik dan Produktif!

3. Ketika ditraktir, jangan pesan makanan yang lebih mahal dari orang yang mentraktirmu, kecuali jika dia yang memilihkan.

4. Biasakan untuk mengucapkan kata maaf, tolong, dan terima kasih. Percayalah, kata tersebut membuat hidup terasa lebih membahagiakan baik untuk dirimu maupun orang-orang di sekitarmu.

5. Selalu kembalikan sesuatu yang kamu pinjam. Jika kamu seorang pelupa, catat kapan barang yang pinjaman tersebut harus dikembalikan.

BACA JUGA:5 Tips Menjadi Seseorang yang Jauh Lebih Tenang!

6. Jangan menelpon seseorang lebih dari dua kali bila dia tidak mengangkat. Kecuali dalam keadaan darurat dan dia harus terlibat. Karena bisa jadi, dia sedang dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk mengangkat teleponmu. 

7. Jangan menyela pembicaraan seseorang. Tunggu, hingga ada momen kamu bisa masuk dalam obrolan tersebut. 

8. Jika seseorang menunjukkan salah satu foto di galerinya, jangan scroll untuk melihat foto-foto lain kecuali bila diizinkan. Sebab galeri merupakan privasi seseorang, yang kita tidak punya ranah didalamnya.

9. Tidak perlu memberi saran jika seseorang tidak meminta untuk diberikan saran. Seseorang biasanya bercerita sekedar ingin berkeluh kesah. Cukuplah menjadi pendengar yang baik, tanpa perlu memberi saran yang justru terkesan menghakiminya. Namun jika dia meminta, berilah saran terbaik yang tidak menyinggung dan menyakiti hatinya.

10. Jangan menanyakan sesuatu yang terlalu privasi kepada orang yang baru kamu kenal. 

BACA JUGA:Wajib Simak! Ini 7 Tips Ampuh Agar Kamu Gemar Membaca

11. Jangan mengecap atau membunyikan piring ketika sedang makan bersama orang lain. Hal ini merupakan salah satu tata krama ketika menyantap makanan bersama orang lain.

12. Jangan memperhatikan seseorang dari atas sampai bawah, ketika orang tersebut berada di dekatmu. Ini mungkin akan membuat orang yang kamu perhatikan tersinggung atau bahkan merasa tidak nyaman.

13. Segera kembalikan uang yang kamu pinjam atau setidaknya beri kabar jika kamu belum bisa mengembalikannya, jangan menghilang.

14. Jika kamu sudah menonton suatu film jangan jadi spoiler pada orang yang baru hendak menonton.

15. Jangan terlalu kepo dengan urusan orang lain. Terlalu penasaran terhadap urusan orang lain bukan hanya tidak baik, tetapi juga menyulitkan diri sendiri.

BACA JUGA:5 Cara Agar Lebih Lancar Berbicara, No 3 Wajib Tahu!

16. Jika kamu meledek atau membercandai seseorang, maka jangan tersinggung saat kamu dibercandain balik. Hukum karma itu berlaku.

17. Jika bertamu, hargai tuan rumah dengan memakan makanan yang dihidangkan walaupun sedikit. Ini akan membuat tuan rumah senang.

18. Jika ada hal memalukan yang dialami seseorang di tempat umum, usahakan jangan melihat ke arahnya terus-menerus.

19. Jika kamu hendak menaiki kendaraan umum, dahulukan orang yang akan keluar.

20.Jika kamu salah, minta maaflah tanpa perlu pembelaan. Sayangnya banyak orang yang meminta dengan diiringi pembelaan, seperti "maaf ya, aku emang gini orangnya". Permintaan maaf seperti itu justru terkesan tidak tulus.

 

Selalu bahagia dan semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: