5 Cara Agar Lebih Lancar Berbicara, No 3 Wajib Tahu!

5 Cara Agar Lebih Lancar Berbicara, No 3 Wajib Tahu!

Ilustrasi berbicara dengan orang lain -Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Manusia dilahirkan sebagai makhluk sosial, yang butuh berkomunikasi dengan satu dan lainnya. Dalam hidupnya, manusia akan banyak diketemukan dengan hal yang mengharuskan ia bertemu dan berbicara dengan orang lain.

BACA JUGA:Jangan Langung Tidur! 4 Rutinitas Malam ini dijamin Bikin Hari mu Lebih Baik dan Produktif!

Meski terlihat mudah, berbicara atau bercakap-cakap ternyata merupakan tantangan bagi sebagian orang. Ini karena mereka memiliki kesulitan tersendiri dalam berbicara.

Faktor yang paling umum ialah karena mereka tidak mau menjadi pusat perhatian ketika berbicara terlalu lama. Ini membuat mereka akhirnya bicara dengan terlalu cepat.

BACA JUGA:5 Tips Menjadi Seseorang yang Jauh Lebih Tenang!

Namun Tahukah kamu bahwa berbicara cepat justru akan menurunkan kita sendiri. Akibatnya lawan bicara pun akan sulit untuk memahami apa yang kita ucapkan.

5 Cara Agar Lebih Lancar Berbicara 

Nah, berikut 5 cara agar lebih lancar berbicara melansir dari laman Tik tok Raihanyosa

 

1. Jangan buru-buru

Agar lebih lancar, biasakan untuk tidak terburu-buru dalam berbicara. Berbicara dengan terlalu cepat justru membuat kita kesusahan dan juga mempersulit orang memahami apa yang kita ucapkan.

Berbicaralah secara perlahan namun jelas, dari pada terburu-buru namun tidak jelas.

BACA JUGA:Kamu Merasa Sulit Bahagia? 5 Alasan ini Bisa Jadi Penyebabnya!

2. Biasakan untuk latihan berbicara

Sisihkan waktu  setidaknya 30 menit dalam sehari untuk latihan berbicara, basa-basi, bercerita, tentang apapun itu.

Latihan ini tidak mengharuskan kamu memiliki lawan bicara. Cukup berlatih dengan diri sendiri di depan cermin. Bercerita lah apapun yang kamu mau dan jangan lupa atur kecepatan bicaramu. 

Biasakan berbicara dengan kecepatan yang sesuai. Setelah terbiasa, tentu kamu bisa menerapkannya ketika berbicara dengan orang lain. 

3. Jangan takut menjadi pusat perhatian

Tips selanjutnya adalah jangan takut menjadi pusat perhatian ketika kamu berbicara dengan. Karena salah satu faktor yang membuatmu berbicara cepat, bisa jadi adalah karena tidak mau menjadi pusat perhatian.

Tidak apa-apa, nikmati saja tatapan orang lain dan berbicaralah dengan santai. Ini tidak lain agar kamu bisa menyampaikan apa yang ingin disampaikan.

Seringkali apa yang menurut kita terlalu lambat justru bagi yang mendengarkanpas atau sesuai. Kita merasa terlalu lama karena kekhawatiran kita sendiri, padahal faktanya bukan seperti.

BACA JUGA:Wajib Simak! Ini 7 Tips Ampuh Agar Kamu Gemar Membaca

4. Ambil kesempatan

Jikalau ada kesempatan untuk berbicara dengan orang lain, ambilah. Gunakan kesempatan itu untuk melatih kelancaran dan kecepatan bicara mu.

Semakin sering berlatih akan membuatmu lebih percaya diri ketika harus berbicara dengan orang lain. Semakin sering berlatih juga akan membuatmu bicara dengan kecepatan yang sesuai.

Jangan takut untuk belajar, pengalaman justru akan membuatmu lebih pandai dari pada kamu hari ini.

BACA JUGA:Bukan Karna Uang! Ini 7 Alasan Mengapa Finlandia Menjadi Negara Terbahagia di Dunia

5. Gerakan tangan

Cobalah untuk menggerakkan tanganmu ketika berbicara. Gerakan ini akan membantu mempertegas apa yang kamu sampaikan.

Berbicara dengan kecepatan sesuai dan diiringi gerakan tangan, akan membuat orang lain lebih fokus mendengarkan dan lebih mudah memahami apa yang kamu sampaikan.

Bagaimana? Siap untuk menerapkan kelima cara diatas? Selamat mencoba.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: