Kaya Manfaat, Berikut adalah 5 Manfaat Kayu Bajakah Yang Jarang Orang Ketahui

Kaya Manfaat, Berikut adalah 5 Manfaat Kayu Bajakah Yang Jarang Orang Ketahui

Bajakah --

 

DISWAY JOGJA- Tanaman Kayu Bajakah adalah salah satu tanaman yang yang berasal dari pedalaman kalimantan. yang telah lama digunakan oleh suku Dayak untuk mengobati berbagai penyakit. Namun tanaman ini belum pernah dibudidayakan karena banyak yang belum mengetahui manfaatnya.

Pada dasarnya kayu bajakah adalah sangat bermanfaat untuk kesehatan anda. Bajakah tumbuh seperti tanaman merambat, meskipun batangnya cukup kuat. Berasal dari Kalimantan, tanaman merambat setinggi lima meter ini dapat tumbuh hingga ke pucuk-pucuk pohon lain yang ditumbuhinya. Tanaman yang satu ini juga mempunyai buah, tetapi manfaatnya tidak sepopuler akar atau batangnya.Bentuk buahnya mirip seperti buah kakao atau kelapa yang masih kecil dan dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit, misalnya kanker, kista, dan ambeien.

 BACA JUGA:3 Resep Salad Buah Lezat dan Segar, dijamin Bikin Semangat Balik Lagi!

Salah satu faktor yang membuat tanaman bajakah tidak bisa tumbuh adalah karena akar bajakah hanya tumbuh di daerah hutan yang rimbun tanpa banyak sinar matahari karena ditumbuhi hutan lebat.Saat tumbuh dalam budidaya, kandungannya akan berbeda karena struktur dan nutrisinya berbeda. Akar bajakah mengandung 40 jenis zat penyembuh kanker yang berbeda.Zat-zat tersebut antara lain saponin, fenolik, steroid, terpenoid, tanin, alkaloid, dan terpenoid.

 BACA JUGA:Sakit Tenggorokan? Jangan Buru-Buru Beli Obat: Coba Bahan Alami Ini untuk Mengobatinya

Nah Berikut adalah manfaat dari kayu bajakah untuk kesehatan anda

1. Dapat Menyembuhkan Luka

Kayu bajakah sangat ampuh untuk menyembuhkan luka. Senyawa tanin dalam kayu bajakah ini sangat cocok untuk mengobati luka agar cepat sembuh sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka di dalam tubuh. senyawa tanin ini adalah salah satu yang membuat mikroba berbahaya dalam tubuh dan ampuh untuk melawan virus ,bakteri atau jamur, membentuk pembekuan darah dengan cepat. Hal ini dapat memproses penyembuhan luka.

Untuk kesehatan tubuh, Anda bisa mencoba  air rebusan kayu bajakah ini sebagai teh.

2. Meminimalisir Radikal Bebas Dalam Tubuh

kayu bajakag memiliki senyawa yang bernama zat fenolik yang banyak terkandung dalam kayu bajakah. adanya senyawa ini mampu untuk mencegah terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh anda. Radikal bebas adalah sel-sel  tubuh yang  rusak dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Kandungan antioksidan yang tinggi dari zat fenolik dapat membantu tubuh melawan radikal bebas ini. Radikal bebas sangat berbahaya untuk tubuh anda. zat fenolik sangat bermanfaat untuk tubuh anda dan mampu untuk mengikat radikal bebas anda.

BACA JUGA:10 Cara Mengolah Buah Bidara Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh, Kamu Pilih Cara yang Mana Nih?

3. Mencegah Penuaan Dini

Kayu Bajakah banyak sekali mengandung antioksidan yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh. antioksidan  dalam buah ini juga dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh dan membuat kulit lebih halus. sehingga dapat mencegah penuaan dini dalam wajah anda. pasti banyak anda yang selalu ingin terlihat muda dan kayu bajakah ini sangat cocok untuk itu.

4. Dapat Mencegah Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang penyebab utamanya adalah tingginya kadar gula darah dalam tubuh dan dapat mengganggu organ tubuh lainnya. Diabetes bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati.

Nah, Anda bisa mencegah penyakit berbahaya  ini dengan menggunakan akar bajakah. Akar bajakah mengandung senyawa flavonoid yang dapat mengatur metabolisme glukosa, aktivitas enzim hati dan profil lipid.Kandungan flavonoid pada akar bajakah diduga dapat mencegah diabetes dan komplikasinya. Walaupun begitu, lebih baik untuk mengambil obat diabetes resep dari dokter dan mendiskusikan hal ini dengan dokter Anda sebelum menggunakan akar bajakah sebagai obat penyembuh diabetes. kayu bajakah sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh anda. bajakah sangat bermanfaat untuk mencegah diabetes.

5. Dapat Mengatasi Disentri

Pohon ini mengandung zat antibakteri yang membantu secara efektif mengatasi masalah pencernaan seperti disentri.

Tidak heran jika pohon Bajakah sering digunakan sebagai obat herbal untuk  penyakit  usus. Selain itu, pohon ini juga dapat mencegah kambuhnya penyakit ini.

 

Itulah 5 Manfaat Yang terkandung dalam Kayu bajakah yang baik untuk kesehatan tubuh anda.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: