Kayu Bajakah Bisa Menyembuhkan Kanker? Simak Ulasan Dan 9 Manfaat Lainya!

Kayu Bajakah Bisa Menyembuhkan  Kanker? Simak Ulasan Dan 9 Manfaat Lainya!

obat kanker kayu bajakah--shot ig

DISWAYJOGJA.ID - Kayu bajakah (Spatholobus littoralis Hassk) merupakan tanaman asli daerah Kalimantan Tengah dan telah bertahun-tahun dimanfaatkan masyarakat Dayak untuk mengobati berbagai penyakit. Namun tanaman ini tidak dibudidayakan karena belum banyak orang yang mengetahui manfaatnya.

Berkat penelitian, manfaat kayu bajakah melawan kanker mulai mendapat perhatian dalam dunia medis. Masyarakat kemudian mulai meneliti berbagai manfaat kayu bajakah dalam mengobati penyakit lainnya. manfaat kayu bajakah melawan penyakit kanker 

Klaim manfaat kayu bajakah dalam pengobatan kanker muncul ketika tiga siswa SMA Indonesia berhasil meraih medali emas pada Olimpiade Dunia Penemuan dan Penciptaan yang diadakan di Seoul, Korea Selatan pada Juli 2019.

BACA JUGA:Penyakit Berbahaya Sembuh! Ini Dia 7 Fakta Obat Kanker Kayu Bajakah yang Harus Kamu Tahu!

Melalui penelitiannya, ketiga mahasiswa tersebut menemukan manfaat kayu bajakah dalam pengobatan kanker tikus putih. kayu bajakah diduga mengandung senyawa alami flavonoid dan saponin yang memiliki sifat anti kanker.

Meskipun penelitian mengalami kemajuan yang baik, Kementerian Kesehatan Indonesia mencatat bahwa masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai manfaat kayu ilegal dalam pengobatan kanker pada manusia. Penelitian sebelumnya hanya menunjukkan efek kayu bajakah laut terhadap kanker pada hewan.

Agar kayu bajakah dapat dimanfaatkan sebagai obat, harus melewati beberapa uji klinis. Uji klinis pada manusia dilakukan dalam tiga tahap untuk mengetahui mekanisme kerja, khasiat, batas dosis aman obat, dan efek samping yang ditimbulkan obat.

Selain itu, penelitian klinis sedang dilakukan untuk menentukan jenis kanker apa yang dapat diobati dengan mengonsumsi kayu bajakah.

BACA JUGA:Kaya Manfaat, Berikut adalah 5 Manfaat Kayu Bajakah Yang Jarang Orang Ketahui

Manfaat Tambahan Kayu bajakah Bagi Kesehatan

Selain potensi sifat anti kankernya, kayu bajakah juga telah diteliti memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya, antara lain:

1. Meningkatkan penyembuhan luka

kayu bajakah dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka dan menghentikan pendarahan. Senyawa saponin dan tanin yang terdapat pada kayu bajakah diduga dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru di lokasi luka sehingga membantu proses penyembuhan luka.

2. Mencegah radikal bebas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: