10 Manfaat Rebusan Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Berbagai Penyakit

10 Manfaat Rebusan Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Berbagai Penyakit

Manfaat Rebusan Daun Kelor--canva.com

DISWAY JOGJA – Jaman sekarang banyak orang yang mulai lupa dengan ramuan tradisional tentang dedaunan, lebih cenderung mengkonsumsi obat dari pada ramuan tradisional. Nah di artikel ini kita akan membahas daun kelor yang memiliki banyak manfaat dan kegunaan untuk kesehatan.

Daun kelor adalah salah satu tanaman yang kaya akan nutrisi dan senyawa aktif yang bermanfaat bagi kesehatan. Daun kelor mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, daun kelor juga mengandung antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri.

Rebusan daun kelor adalah salah satu cara untuk mengonsumsi daun kelor. Cara ini cukup mudah dilakukan dan dapat dikonsumsi oleh semua orang, termasuk anak-anak, orang dewasa, ibu hamil, dan ibu menyusui.

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan, Cocok Buat Kamu Coba!

Berikut adalah 10 manfaat rebusan daun kelor untuk kesehatan:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun kelor kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C dapat membantu melawan infeksi dan penyakit.

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Daun kelor mengandung antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Antioksidan flavonoid dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

3. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Daun kelor mengandung antioksidan asam klorogenik, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Antioksidan asam klorogenik dapat membantu menghambat penyerapan kolesterol dari makanan.

BACA JUGA:Wow! 10 Alasan Mengapa Daun Kelor Bikin Kolesterol Turun dengan Cepat!

4. Membantu mencegah kanker

Daun kelor mengandung antioksidan flavonoid dan asam klorogenik, yang memiliki sifat antikanker. Antioksidan flavonoid dan asam klorogenik dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker.

5. Membantu mengatasi anemia

Daun kelor kaya akan zat besi, yang merupakan mineral penting untuk produksi sel darah merah. Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh.

6. Membantu menjaga kesehatan mata

Daun kelor kaya akan vitamin A, yang merupakan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan retina dan mencegah rabun senja.

BACA JUGA:12 Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penuaan Dini!

7. Membantu melancarkan pencernaan

Daun kelor mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat dapat membantu memecah makanan dan mencegah sembelit.

8. Membantu meningkatkan produksi ASI

Daun kelor dapat membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Daun kelor mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk produksi ASI.

9. Menjaga kesehatan kulit

Rebusan daun kelor mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang tinggi. Vitamin A dan vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Antioksidan juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

BACA JUGA:10 Manfaat Rebusan Daun Bidara, Cara Sehat Mengatasi Berbagai Penyakit

10. Meningkatkan kesehatan rambut

Rebusan daun kelor mengandung vitamin A, vitamin C, dan protein yang tinggi. Vitamin A dan vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut. Protein juga berperan penting dalam pertumbuhan dan kekuatan rambut.

BACA JUGA:6 Langkah Panduan Lengkap Menanam Daun Bidara dari Benih hingga Panen

Cara membuat rebusan daun kelor

Untuk membuat rebusan daun kelor, Anda perlu menyiapkan:

10 lembar daun kelor

1 liter air

Cara membuatnya:

1. Cuci bersih daun kelor. (Untuk jumlahnya sesuaikan dengan porsinya, 5 daun satu gelas)

2. Rebus daun kelor dengan air hingga mendidih. (Tambahkan gula bila ingin menambah rasa manis)

3. Kecilkan api dan masak selama 10 menit.

4. Saring air rebusan daun kelor dan nikmati.

Tips mengonsumsi rebusan daun kelor

Rebusan daun kelor dapat dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi rebusan daun kelor, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

 

Demikianlah artikel tentang 10 manfaat rebusan daun kelor untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: