Rahasia Bahagia: 10 Hal yang Harus Kamu Tinggalkan di Tahun 2023

Rahasia Bahagia: 10 Hal yang Harus Kamu Tinggalkan di Tahun 2023

10 hal yang harus ditinggalkan manusia -Disway-Pinterest flickr

BACA JUGA:5 Tips Menjadi Seseorang yang Jauh Lebih Tenang!

4. Hubungan yang tidak sehat

Berikutnya, hal yang harus kamu tinggalkan di tahun ini adalah hubungan yang tidak sehat, baik itu dengan teman ataupun kekasih. 

Tinggalkan mereka yang berdampak buruk bagimu. Yang justru tidak mendukungmu, menyakitimu, atau bisa dinamakan toxic. Tapi, jangan lupa untuk mengevaluasi dirimu dan terus memperbaiki diri menuju arah yang lebih baik.

5. Kebiasaan buruk

Penting bagi kamu untuk segera meninggalkan kebiasaan buruk, apapun jenis dan bentuknya itu. Pikirkan dan buat daftar kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan. Kemudian berusahalah menggantinya dengan kebiasaan baik. Bila perlu, tempel daftar kebiasaan buruk tadi, di tempat yang sering terlihat, sehingga kamu terus terbayang-bayang dan termotivasi untuk menjado lebih baik.

6. Ekspektasi yang terlalu tinggi

Sebagian besar ekspektasi ujung-ujungnya berakhir pada kekecewaan. Hal ini tidak lain karena ekspektasi kita sendiri yang terlalu tinggi. Terutama berekspektasi terhadap segala hal yang di luar kontrol kita.

Cukup usahakan sesuatu sebisa dan semaksimal mungkin. Kontrol ekspektasi serendah mungkin. Sedang urusan hasil, kita pasrahkan saja pada yang maha kuasa.

BACA JUGA:12 Cara Jitu Untuk Lebih Bahagia, No 5 Paling Penting!

7. Berusaha untuk membahagiakan semua orang

Jika kamu sedang berusaha mati-matian untuk membahagiakan semua orang, maka berhentilah. Kamu tidak bisa melakukan itu dan tidak akan pernah bisa. Sebab hidup akan selalu dikelilingi dengan ketidaksukaan dan kita harus terima itu.

8. Ketergantungan sosial media

Dalam sehari, sebetulnya kita memiliki waktu yang sangat cukup untuk melakukan suatu pekerjaan atau hal-hal bermanfaat lainnya. Hanya saja waktumu habis untuk scroll sosial media tanpa tujuan. Baik itu instagram, twitter threads maupun tik tok.

Cobalah untuk bersosial media secukupnya, dan habiskanlah waktumu untuk kegiatan yang produktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: