8 Efek Samping Minum Air Rebusan Daun Bidara, dari Reaksi Alergi hingga Kaku pada Leher

 8 Efek Samping Minum Air Rebusan Daun Bidara, dari Reaksi Alergi hingga Kaku pada Leher

Efek Samping Daun Bidara--Tokopedia.com

DISWAY JOGJA – Daun bidara adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun bidara dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti diare, disentri, infeksi kulit, dan cacingan. Daun bidara juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Meskipun memiliki banyak manfaat, air rebusan daun bidara juga dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi berlebihan atau tidak sesuai dengan anjuran. Berikut adalah beberapa efek samping minum air rebusan daun bidara yang perlu Anda ketahui:

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan, dari Mengatasi Gangguan Jin hingga Mengobati Penyakit Kulit

1. Reaksi alergi

Efek samping minum air rebusan daun bidara yang paling umum adalah reaksi alergi. Reaksi alergi ini dapat berupa gatal-gatal, ruam, dan bengkak pada kulit. Dalam kasus yang parah, reaksi alergi dapat menyebabkan sesak napas dan anafilaksis.

2. Mual, muntah, dan diare

Air rebusan daun bidara yang terlalu kuat dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare. Hal ini karena daun bidara mengandung senyawa-senyawa yang dapat mengiritasi lambung dan usus.

BACA JUGA:10 Manfaat Rebusan Daun Bidara, Cara Sehat Mengatasi Berbagai Penyakit

3. Kerusakan hati dan ginjal

Daun bidara mengandung kadar toksin yang tinggi. Jika daun bidara yang digunakan untuk membuat air rebusan mengandung kadar toksin yang tinggi, dapat menyebabkan kerusakan pada hati dan ginjal.

4. Interaksi dengan obat-obatan

Daun bidara dapat berinteraksi dengan beberapa obat-obatan tertentu. Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi air rebusan daun bidara.

BACA JUGA:Untuk Ruqyah Hingga Memandikan Jenazah! Ini Dia 4 Manfaat Daun Bidara Dalam Pandangan Islam

5. Ngantuk berlebihan

Salah satu manfaat daun bidara adalah efek menenangkan. Nah, efek samping daun bidara dalam hal menenangkan ini bukan tak mungkin justru meyebabkan rasa mengantuk yang berlebihan.

6. Rasa pahit dimulut

Sudah disinggung di atas, bila daun bidara mempunyai rasa pahit yang sangat tajam. Sehingga salah satu bahaya daun bidara atau efek sampingnya adalah lidah terasa pahit dalam jangka waktu yang cukup lama.

BACA JUGA:Kalian Sudah Tau Belum Manfaat Daun Bidara untuk Program Hamil? Kalau Belum Simak Penjelasannya

7. Kejang dan Napas jadi Pendek

Efek samping daun bidara ternyata bisa membuat nafasmu jadi pendek, lo. Itu karena zat yang terkandung di dalam daun bidara, dalam tingkatan lebih parah, efek napas pendek bisa menjadikan tubuhmu kejang-kejang.

8. Muka dan leher terasa kaku

Bahaya daun bidara terakhir yang mesti kamu waspadai adalah menyebabkan muka dan leher terasa kaku. Hal ini dipengaruhi oleh senyawa aktif di dalam daun bidara yang bisa memengaruhi kinerja saraf dan otot. Terlebih bila kamu mengonsumsinya secara berlebihan.

Untuk mengurangi risiko efek samping minum air rebusan daun bidara, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Minum air rebusan daun bidara dalam jumlah yang wajar

Air rebusan daun bidara yang disarankan untuk dikonsumsi adalah sebanyak 1-2 gelas per hari.

2. Jangan mengonsumsi air rebusan daun bidara yang terlalu kuat

Untuk membuat air rebusan daun bidara yang tidak terlalu kuat, gunakan daun bidara dalam jumlah yang sedikit dan rebus dengan air yang banyak.

3. Hindari mengonsumsi air rebusan daun bidara jika Anda memiliki alergi terhadap daun bidara

Jika Anda memiliki alergi terhadap daun bidara, sebaiknya hindari mengonsumsi air rebusan daun bidara.

4. Konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan

Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi air rebusan daun bidara.

 

Secara keseluruhan, air rebusan daun bidara aman dikonsumsi jika digunakan dengan tepat. Namun, penting untuk mengetahui efek samping yang mungkin terjadi agar dapat segera ditangani jika terjadi.

Nah, Itu dia Efek Samping Minum Air Rebusan Daun Bidara, dari Reaksi Alergi hingga Kaku pada Leher.

Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: