Untuk Ruqyah Hingga Memandikan Jenazah! Ini Dia 4 Manfaat Daun Bidara Dalam Pandangan Islam

Untuk Ruqyah Hingga Memandikan Jenazah! Ini Dia 4 Manfaat Daun Bidara Dalam Pandangan Islam

4 Manfaat daun bidara dalam islam--https://shopee.co.id/

DISWAY JOGJA - Daun Bidara adalah tanaman yang sudah tidak asing ditelingan sebagian umat muslim, karena daun ini sering di sebutkan di Al - Qur'an dan Khadist. Daun Bidara mengadung banyak sekali manfaat untuk penyembuhan berbagai penyakit dan bisa digunakan untuk meruqyah, bersuci dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA:10 Manfaat Rebusan Daun Bidara, Cara Sehat Mengatasi Berbagai Penyakit

Daun bidara biasanya hidup di daerah yang kering ukuran pohonnya biasanya kecil dan ada buahnya, bentuk dari daun bidara sendiri yakni lonjong atau bulat ujungnya lancip memiliki tiga tulang daun yang sejajar mirip dengan daun jeruk nipis.

Ukurannya biasanya 2 cm lebarnya, 5 - 5 cm, waranya hijau tua mengkilap, di permukaan bawah daun bidara berwarna putih dan berbulu lembut.

Menurut informasi dari berbagai sumber kesehatan daun bidara ini bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit, seperti gatal pada kulit, luka kulit, radang usus, kolesterol, gangguan pencernaan, wasir dan masih banyak lagi.

Tak hanya untuk menyembuhkan penyakit secara medis, daun bisara juga seringkali digunakan dalam islam untuk memandikan jenazah, mengusir hal - hal negatif seperti sihir, juga bisa digunakan untuk meruqyah. 

Kira - kira apa saja manfaat daun bidara dalam islam yang sudah banyak di jelaskan di al qur'an dan hadist? Berikut penjelasannya:

1. Manfaat Daun Bidara Untuk Ruqyah

Daun bidara digunakan untuk meruqyah yairu dengan membuat air ruqyah yang terdapat campuran daun bidara didalamnya, tapi kamu juga harus perhatikan cara membuatnya, biasanya gunakan tujuh helai daun bidara kemudian hancurkan. 

Penggunaan daun bidara untuk meruqyah termasuk sunah menurut pendakwah ustad khalid basalam yang dikatakannya di chanel youtube Ae sunnah pernyataan ini juga sudah ada di dalam khadist Nabi SAW. 

Dalam kitab Fathul Bari karangan Imam Ibnu Hajar rahimahullah juga dijelaskan manfaat daun bidara untuk ruqyah tertulis sebagai berikut:

وذكر ابن بطال أن في كتب وهب بن منبه أن يأخذ سبع ورقات من سدر أخضر ، فيدقه بين حجرين ، ثم يضربه بالماء ، ويقرأ آية الكرسي والقواقل ، ثم يحسو منه ثلاث حسيات ، ثم يغتسل به ، فإنه يذهب عنه كل ما به ، وهو جيد للرجل إذا حبس عن أهله )

Artinya: "Ibnu Baththal menyebutkan bahwa di dalam kitab-kitab Wahb bin Munabbih, bahwa hendaknya diambil 7 helai Daun Bidara berwarna hijau, ditumbuk dengan batu, lalu masukkan ke air dan diaduk, dan bacakan Ayat Kursi dan 3 Surah Qul (Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas),

lalu oles tiga kali, dan mandikan dengannya niscaya menghilangkan semua apa yang dideritanya." (Fathul Bari, 10/233)

BACA JUGA:Perhatikan Caranya! Ini Dia Tips Penggunaan Daun Bidara Untuk Mengatasi Gatal Pada Kulit

2. Daun Bidara Untuk Memandikan Jenazah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: