10 Cara Menggunakan Daun Bidara untuk Menyembuhkan Penyakit

10 Cara Menggunakan Daun Bidara untuk Menyembuhkan Penyakit

Cara Menggunakan Daun Bidara--KlikDoter

DISWAY JOGJA – Daun bidara (Ziziphus mauritiana) adalah tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Tanaman ini memiliki banyak manfaat, termasuk untuk menyembuhkan penyakit. Daun bidara mengandung berbagai senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan. Senyawa-senyawa ini dapat membantu mengobati berbagai penyakit, seperti:

BACA JUGA:Keistimewaan dan Manfaat Daun Bidara dalam Perspektif Islam

1. Diare

Daun bidara memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab diare. Caranya adalah dengan merebus 10-15 lembar daun bidara dengan 3 gelas air. Setelah airnya tersisa 1 gelas, minum air rebusan tersebut 3 kali sehari.

2. Infeksi saluran pencernaan

Daun bidara juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi saluran pencernaan, seperti disentri dan kolera. Caranya sama dengan cara mengobati diare.

BACA JUGA:Kalian Harus Tau! Ini Dia 7 Bahaya Mengonsumsi Daun Bidara, No7 Bisa Menyebabkan Kerusakan Hati

3. Infeksi kulit

Daun bidara memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu melawan bakteri dan jamur penyebab infeksi kulit. Caranya adalah dengan menumbuk daun bidara hingga halus dan dioleskan ke bagian kulit yang terinfeksi.

4. Sakit gigi

Daun bidara dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dengan cara mengunyah daun bidara yang masih segar. Daun bidara mengandung senyawa antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab sakit gigi.

5. Demam

Daun bidara dapat digunakan untuk menurunkan demam dengan cara merebus 10-15 lembar daun bidara dengan 3 gelas air. Setelah airnya tersisa 1 gelas, minum air rebusan tersebut 3 kali sehari.

BACA JUGA: 8 Efek Samping Minum Air Rebusan Daun Bidara, dari Reaksi Alergi hingga Kaku pada Leher

6. Sakit kepala

Daun bidara dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala dengan cara menumbuk daun bidara hingga halus dan dioleskan ke bagian kepala yang sakit.

7. Asma

Daun bidara memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pernapasan. Caranya adalah dengan merebus 10-15 lembar daun bidara dengan 3 gelas air. Setelah airnya tersisa 1 gelas, minum air rebusan tersebut 3 kali sehari.

BACA JUGA:10 Manfaat Rebusan Daun Bidara, Cara Sehat Mengatasi Berbagai Penyakit

8. Diabetes

Daun bidara dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Caranya adalah dengan merebus 10-15 lembar daun bidara dengan 3 gelas air. Setelah airnya tersisa 1 gelas, minum air rebusan tersebut 3 kali sehari.

9. Kanker

Daun bidara mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas penyebab kanker. Caranya adalah dengan merebus 10-15 lembar daun bidara dengan 3 gelas air. Setelah airnya tersisa 1 gelas, minum air rebusan tersebut 3 kali sehari.

10. Gangguan jin dan sihir

Daun bidara dapat digunakan untuk mengusir gangguan jin dan sihir. Caranya adalah dengan membacakan doa-doa tertentu pada daun bidara, kemudian daun tersebut dioleskan ke bagian tubuh yang sakit atau ke bagian tubuh yang diganggu jin atau sihir.

Tips untuk menggunakan daun bidara

1. Pilih daun bidara yang segar dan bersih.

2. Cuci daun bidara dengan air bersih.

3. Rebus daun bidara dengan air secukupnya.

4. Minum air rebusan daun bidara selagi hangat.

5. Anda juga dapat menumbuk daun bidara hingga halus dan dioleskan ke bagian tubuh yang sakit.

6. Jika Anda ingin menggunakan daun bidara untuk mandi, rebus daun bidara dengan air secukupnya. Setelah airnya dingin, gunakan air rebusan daun bidara untuk mandi.

7. Hati-hati jika Anda memiliki alergi terhadap daun bidara.

Catatan

Daun bidara tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Daun bidara juga tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki alergi terhadap daun bidara.

Disclaimer

Artikel ini hanya untuk tujuan informasi dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kesehatan, selalu konsultasikan dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya.

 

Nah, Itu dia 10 Cara Menggunakan Daun Bidara untuk Menyembuhkan Penyakit.

Semoga bermanfaat  (*).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: