Tanpa Perlu Membeli Obat, Berikut 13 Cara Efektif Menyembuhkan Radang Tenggorokan Secara Alami

Tanpa Perlu Membeli Obat, Berikut 13 Cara Efektif Menyembuhkan Radang Tenggorokan Secara Alami

Madu sebagai obat sakit tenggorokan--fancycrave1 via pixabay.com

DISWAY JOGJA - Apakah Anda pernah merasakan tenggorokan serasa tidak nyaman? Ya, kondisi ini memang sering dialami dan serasa menyiksa. Radang tenggorokan sering dialami oleh banyak orang, terutama jika cuaca tidak menentu seperti sekarang ini.

Pada umumnya, sakit tenggorokan merupakan tanda bahwa tubuh kita  sedang mengalami infeksi karena penurunan kekebalan tubuh. Banyak gejala yang dialami saat radang tenggorokan antara lian, rasa gatal, sulit menelan, rasa terbakar, dan sakit tenggorokan yang sangat menyiksa.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan diulas mengenai cara mengatasi radang tenggorokan menggunakan bahan-bahan yang alami.

BACA JUGA:6 Penyebab dan Penyembuhan Penyakit Radang, Nomor 4 sih Banyak Banget Di Sekitar Kita Masalah nya

BACA JUGA:Mengobati Batuk dan Flu dengan 7 Ramuan Tradisional

Berikut ulasan lengkapnya:

1. Menggunakan Air Garam

Cara tradisional ini telah lama digunakan oleh orang dahulu untuk menyembuhkan radang tenggorokan dan sampai saat ini, cara ini masih sangat efektif. Untuk penggunaanya pun tergolong sangat mudah.

Untuk penggunaanya cukup campurkan seperempat sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu kumur-kumur dan jangan di telan. Campuran ini berfungsi membunuh kuman dan meredakan sakit tenggorokan.

2. Madu

Madu sudah sejak dari dahulu dikenal sebagai obat alami untuk meredakan sakit tenggorokan. Cara penggunaanya Anda dapat mencampurkan madu dengan segelas teh atau air hangat untuk meredakan iritasi pada tenggorokan.

Beberapa penelitian juga menunjukan manfaat lain dari madu, yaitu dapat meredakan batuk, bahkan ke efektifannya sama dengan obat batuk yang dijual bebas di apotek.

3. Lemon

Meskipun memiliki rasa yang asam, namun lemon memiliki manfaat yang luar biasa sebagai obat sakit tenggorokan. Cara penggunaanya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam 1 gelas air.

Resep ini dapat membantu meredakan pembengkakan pada tenggorokan dan memberikan lingkungan yang asam yang tidak disukai virus serta bakteri sehingga akan sulit berkembang.

4. Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat Kesehatan untuk tubuh, salah satunya adalah dapat merekan sakit tenggorokan. Cukup minum teh hijau hangat untuk meredakan nyeri dan membantu mengurangi peradangan pada tenggorokan.

5. Permen Pelega Tenggorokan

Permen pelega tenggorokan biasanya mengandung mentol yang dapat membantu meredakan sementara rasa nyeri pada tenggorokan.

6. Jahe

Jahe mengandung efek anti-inflamasi dan bisa digunakan untuk mengatasi sakit pada tenggorokan. Mengkonsumsi jahe dapat meredakan sakit tenggorokan dan peradangan.

BACA JUGA:10 Penyebab Penyakit Batuk Berdahak, Nomor 5 Penyebab yang Banyak Dilakukan Laki-laki

BACA JUGA:Mengatasi Pilek dan Flu dengan Cara Alami yang Mudah Dilakukan

7. Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit juga memiliki efek anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan sakit akibat radang tenggorokan.

Untuk cara mengkonsumsinya, Anda dapat mencampurkan bubuk kunyit dengan air hangat atau dengan susu sesuai kesukaan Anda.

8. Teh Chamomile

Selain penggunaan teh hijau untuk meredakan radang tenggorokan, teh chamomile juga memiliki khasiat yang sama bagusnya dengan teh hijau dalam mengatasi sakit tenggorokan.

Hal ini karena teh chamomile memiliki zat anti-inflamasi dan antioksidan yang membuatnya dijadikan sebagai obat herbal sejak zaman dahulu.

Selain dikonsumsi sebagai minuman, teh Chamomile juga dapat di hirup uap nya sebagai obat pilek dan sakit tenggorokan.

9. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti bakteri alami yang dapat melawan infeksi, oleh sebab itu bawang putih dapat digunakan sabagai obat alami untuk sakit tenggorokan.

Anda dapat memanfaatkan bawang putih sebagai obat dengan cara dimakan secara langsung mamupun dengan menjadikan bawang putih sebagai bumbu penyedap rasa dalam masakan.

10. Peppermint

Meskipun lebih banyak digunakan sebagai penyegar nafas, namun kandungan mentol yang terdapat di peppermint dapat mengobati sakit pada tenggorokan. Mentol yang terdapat pada peppermint dalam membantu mengencerkan lendir dan meredakan rasa nyeri.

11. Baking Soda

Baking soda juga dapat menjadi obat alami untuk menyembuhkan sakit pada tenggorokan. Berkumur dengan larutan baking soda, dapat mencegah dan membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Untuk penggunaanya, Anda dapat mencampurkan 1 cangkir air hangat dengan seperempat sendok teh baking soda serta seperdelapan sendok teh garam. Anda dapat berkumur dengan campuran tersebut setiap 3 jam sekali.

12. Teh Daun Sage

Teh daun sage memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan radang tenggorokan dan kesuliran menelan. Selain itu teh ini juga dapat melembabkan area tenggorokan dan meredakan batuk.

Cara mengkonsumsinya sama dengan teh pada umumnya, Anda dapat mencampurkan teh daun sage ke dalam air hangat, lalu tunggu hingga larut dalam air sebelum diminum.

13. Daun Sirih

Daun sirih memiliki zat antioksidan dan anti bakteri yang ampuh untuk meredakan sakit pada tenggorokan. Pengunaan rebusan daun sirih untuk pengobatan sakit tenggorokan telah digunakan di Cina dan India sejak dahulu.

BACA JUGA:8 Manfaat Kencur Untuk Menghilangkan Batuk Berdahak

BACA JUGA:Mengatasi Pilek dan Flu dengan Cara Alami yang Mudah Dilakukan

Demikianlah ulasan mengenai obat herbal untuk mengobati radang tenggorokan. Dengan mengikuti tips di atas dan menggunakan bahan alami, Anda akan merasa lebih baik dalam waktu yang singkat.

Namun, jika radang tenggorokan tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter untuk penanganan profesional.

Selamat mencoba dan semonga lekas sembuh!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: