Anda Suka Fotografi? Ini lah Jenis Kamera yang Wajib Diketahui Fotografer Pemula

Anda Suka Fotografi? Ini lah Jenis Kamera yang Wajib Diketahui Fotografer Pemula

Anda Suka Fotografi? Ini lah Jenis Kamera yang Wajib Diketahui Fotografer Pemula--

DISWWAY JOGJA - Bagi banyak orang, fotografi telah menjadi hobi. Banyak orang mencari kamera yang mampu mengambil gambar berkualitas. Namun, setiap kamera memiliki kelebihan dan fiturnya masing-masing, jadi kami merasa memerlukan lebih banyak opsi. 

Kamera SLR digital dan mirrorless adalah yang paling populer. Keduanya memiliki spesifikasi yang sangat berbeda dan sama-sama memiliki keunggulan satu sama lain. Setiap jenis kamera mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Memahami perbedaan-perbedaan ini akan membantu Anda membuat pilihan yang tepat berdasarkan gaya dan sasaran pemotretan Anda. 

BACA JUGA:10 Kamera Digital yang Ringkas dan Harganya Terjangkau, Cocok Buat yang Suka Foto

Berikut  beberapa jenis kamera yang harus Anda ketahui saat memulai fotografi. Jenis kamera yang umum digunakan 

1. Kamera DSLR (kamera refleks lensa tunggal digital) 

Kamera DSLR sangat populer di kalangan fotografer, pemula maupun profesional. Kamera dilengkapi dengan sistem cermin yang memungkinkan Anda melihat dalam bidang pandang yang sama dengan lensa. Kamera DSLR memiliki penempatan lensa yang rendah dan kontrol manual yang tinggi sehingga cocok untuk berbagai jenis fotografi.

2. Kamera tanpa cermin 

Kamera mirrorless merupakan inovasi baru dalam fotografi. Karena tidak memiliki cermin di dalamnya seperti  SLR digital, maka lebih ringan dan ringkas. Kamera mirrorless menawarkan kualitas gambar tinggi, sistem fokus otomatis canggih, dan kontrol manual penuh. Cocok untuk fotografer yang ingin bepergian tanpa mengurangi kualitas. 

BACA JUGA:3 Perbedaan Kamera Analog dan Kamera Digital, Fotografer Pemula Wajib Tahu!

3. Kamera pada telepon genggam (smartphone) 

Seiring kemajuan teknologi, kamera ponsel menjadi semakin mengesankan dalam hal kualitas gambar. Meski kualitas gambarnya tidak bisa dibandingkan dengan kamera DSLR atau mirrorless, kamera ponsel tetap menjadi alat yang nyaman dan cepat untuk mengabadikan momen sehari-hari. Ada banyak aplikasi dan fitur foto yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas foto Anda. 

4. Kamera kompak 

Kamera point-and-shoot, juga dikenal sebagai kamera point-and-shoot, adalah pilihan tepat bagi pemula yang ingin memotret dengan sederhana dan mudah. Mereka memiliki desain yang kompak dan sering kali dilengkapi dengan lensa tetap. Meskipun kontrol manual lemah dibandingkan DSLR dan kamera mirrorless, kamera saku ideal untuk fotografi sehari-hari dan perjalanan. 

BACA JUGA:Pecinta Foto Wajib Punya! 5 Daftar HP Oppo dibawah 2 juta dengan kamera terbaik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: