Wow Ini Dia 10 Manfaat dan Cara Mengonsumsi Chia Seed: Kekuatan Kesehatan dalam Butiran Kecil

Wow Ini Dia 10 Manfaat dan Cara Mengonsumsi Chia Seed: Kekuatan Kesehatan dalam Butiran Kecil

Chia Seed --https://www.freepik.com/

DISWAY JOGJA - Chia seed, atau biji chia, beberapa tahun terakhir sangat pupuler dan digandrungi masyarakat pencinta makanan sehat.

Meskipun ukurannya kecil, biji chia mengemas sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Dipenuhi dengan nutrisi penting, serat tinggi, dan sejumlah senyawa bioaktif.

BACA JUGA:6 Buah yang Direkomendasikan untuk Konsumsi Malam: Pilihan Sehat untuk Menjaga Gaya Hidup Anda

Inilah beberapa manfaat kesehatan dari chia seed:

1. Sumber Nutrisi yang Kaya

Biji chia adalah sumber nutrisi yang kaya, termasuk protein, serat, lemak sehat, vitamin B, kalsium, fosfor, dan magnesium. Mereka juga mengandung antioksidan seperti asam askorbat (vitamin C) dan asam kafeat.

2. Menyediakan Asam Lemak Omega-3

Chia seed adalah salah satu sumber nabati terbaik asam lemak omega-3, terutama asam alfa-linolenat (ALA). Omega-3 adalah lemak sehat yang penting untuk kesehatan jantung, otak, dan fungsi tubuh lainnya.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan omega-3 dalam biji chia dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, kolesterol total, dan peradangan.

4. Pengendalian Gula Darah

Serat dalam biji chia membantu mengendalikan kadar gula darah dengan mengurangi laju penyerapan glukosa dari makanan. Ini bisa bermanfaat bagi penderita diabetes.

5. Meningkatkan Pencernaan

Serat larut dan tidak larut dalam biji chia membantu mempromosikan kesehatan pencernaan. Mereka dapat membantu mengatasi masalah sembelit dan meningkatkan gerakan usus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: