Stop! Ini 6 Kesalahan di Umur 20an yang Secara Tidak Sadar Sangat Merugikanmu

Stop! Ini 6 Kesalahan di Umur 20an yang Secara Tidak Sadar Sangat Merugikanmu

-Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Umur 20-an sering dianggap sebagai umur penting. Di usia ini manusia mengalami masa peralihan yang menentukan arah hidup dan kesuksesan yang akan diraih.

Umur 20-an menjadi tolak ukur kedewasaan. Dimana pada masa ini kamu dianggap sudah cukup mampu dalam hal perencanaan, pengambilan keputusan, serta menerima konsekuensi akibat tindakan.

BACA JUGA:Jangan Langung Tidur! 4 Rutinitas Malam ini dijamin Bikin Hari mu Lebih Baik dan Produktif!

Kamu perlu belajar lebih banyak untuk kelangsungan hidupmu kedepan. Nah, berikut 6 kesalahan yang harus kamu hindari saat umur 20an

1. Bertahan dilingkungan yang buruk

Perlu diketahui, keberadaan lingkungan sangat berpengaruh besar untuk dirimu. Bertahan dilingkungan yang buruk dan merugikan hanya akan menghambat pertumbuhanmu menuju langkah yang lebih baik.

Biasanya, seseorang dengan umur 20-an mengutamakan kesenangan di atas segalanya. Ia akan bergaul dengan siapapun tanpa berpikir dampak buruk yang ditimbulkan.

Dalam sebuah pepatah dikatakan, berteman dengan penjual minyak wangi akan membuatmu kecipratan wanginya. Sebaliknya, berteman dengan penjual bangkai akan membuatmu kecipratan baunya.

Usahakan memilih lingkungan yang baik, yang mendukungmu untuk terus tumbuh menuju dirimu yang lebih baik. 

BACA JUGA:5 Tips Menjadi Seseorang yang Jauh Lebih Tenang!

2. Bermalas-malasan dan membuang waktu sia-sia

Kesalahan di umur 20-an yang kedua adalah bermalas-malasan, menghabiskan waktu untuk rebahan, scroll hp berlebihan, bermain game, nongkrong tanpa tujuan dan kegiatan tidak bermanfaat lainnya.

Jika kamu lebih sering melakukan hal tersebut, masa mudamu tentu akan terbuang dengan sia-sia. Cobalah perbanyak aktivitas positif yang bermanfaat untuk kehidupanmu di masa mendatang.

Seperti membiasakan membaca, mengikuti berbagai kelas atau organisasi, hingga belajar berbisnis.

Jikalau merasakan lelah kamu bisa beristirahat secukupnya. Sekedar untuk menyegarkan diri dari tumpukan tugas dan rumitnya masalah hidup.

3. Takut mencoba hal baru

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang di umur 20-an adalah takut mencoba hal-hal baru.

Seringkali, kamu tidak berani untuk meninggalkan zona nyaman dan kalah akan pikiranmu sendiri. Padahal, hal baru tersebut tidak semenyeramkan itu. 

Awalnya memang harus dipaksa untuk berani, namun pada akhirnya mencoba hal baru akan terasa seru dan sayang untuk dilewatkan.

BACA JUGA:5 Cara Agar Lebih Lancar Berbicara, No 3 Wajib Tahu!

4. Mudah dipengaruhi

Menjadi orang yang mudah dipengaruhi akan berdampak buruk pada kehidupanmu. Kamu tidak tegas terhadap hal-hal yang mengganggumu mencapai tujuan hidup.

Kamu boleh terbuka dan ramah pada siapapun, tetapi jangan sampai mudah dipengaruhi dan terbawa arus. Jika hal tersebut dirasa menghambat tujuanmu segera jauhi dan fokus kembali.

Belajarlah untuk menunda kesenangan kesenangan sementara untuk kesenangan yang lebih besar dan sifatnya menetap.

5. Tidak memiliki keahlian khusus

Kesalahan selanjutnya adalah ketika seseorang tidak memiliki kemampuan apapun dalam suatu bidang karena banyak alasan. Seperti tidak mau belajar, atau tidak konsisten pada suatu bidang.

Memiliki kemampuan yang hebat pada suatu bidang akan meningkatkan value seseorang sehingga membuat orang lain rela membayarmu dengan harga mahal.

BACA JUGA:Kamu Merasa Sulit Bahagia? 5 Alasan ini Bisa Jadi Penyebabnya!

6. Tidak berinvestasi

Kesalahan terakhir di umur 20-an adalah tidak berinvestasi. Berinvestasi dapat membuat keuanganmu terkontrol dengan baik.

Tidak perlu bingung, sekarang kamu bisa mulai berinvestasi dengan membeli emas ataupun melalui aplikasi-aplikasi investasi yang sudah tersedia di google play store.

Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: