9 Manfaat Pemakaian Sunscreen Untuk Kulit, Nomor 3 Sih Umur Muda Nanti Dikira Umur Tua

9 Manfaat Pemakaian Sunscreen Untuk Kulit, Nomor 3 Sih Umur Muda Nanti Dikira Umur Tua

Macam-macam sunscreen--

DISWAY JOGJA - Bentuk dan cara perawatan wajah memang berbeda-beda dan perlu dilakukan secara rutin. Mulai dari menggunakan facial wash, make up remover, toner, dan juga sunscreen. Semua bisa kamu lakukan dan disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah.

Sunscreen adalah salah satu skincare yang wajib digunakan sehar-hari. Dikatakan wajib karena sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah dalam jangka panjang. Manfaat sunscreen untuk wajah memang tidak langsung dirasakan secara instan, namun sangat memberikan efek untuk kulit di hari tua nanti.

Fungsi sunscreen selain melindungi dari bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan kanker kulit, juga bermanfaat untuk menghindarkan adanya flek hitam pada kulit.

Manfaat Sunscreen untuk Wajah

Sebelum memutuskan untuk membeli produk sunscreen, ada baiknya kamu ketahui betul apa itu sunscreen dan apa fungsinya. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan tentang kegunaan sunscreen untuk wajah berikut ini!

 

1. Lindungi Wajah dari Bahaya Sinar UV

Tahukah kamu bahaya dari sinar UV? Sinar UVA dan UVB memberikan efek yang tak baik bagi kulit, mulai dari penuaan dini, kanker kulit, terbakar, dan belang. Untuk itu, kamu harus menggunakan sunscreen, terutama saat bepergian.

Sunscreen dipercaya bisa melindungi kulit wajah dan menangkal sinar matahari yang berbahaya. Meskipun sinar matahari pagi memang baik untuk asupan vitamin D pada tubuh, untuk melindungi wajah kamu tetap perlu gunakan sunscreen.

 

2. Mencegah Terjadinya Kanker Kulit

Seperti yang dibahas di atas, lengah dan tak menggunakan sunscreen secara rutin dapat menimbulkan dan meningkatkan faktor terjadinya kanker kulit. Terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa perlindungan di kulit dapat menyebabkan radiasi di kulit yang dapat merusak DNA pada sel kulit.

Ini dia salah satu fungsi sunscreen yang paling utama, mencegah dan mejaga kulit dari kanker.

 

3. Mencegah Penuaan Dini

Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, seperti garis-garis halus, keriput, dan bintik-bintik hitam. Dengan menggunakan sunscreen, Anda dapat mengurangi risiko terjadinya penuaan dini dan menjaga kulit tetap terlihat muda dan sehat.

 

4. Mencegah Kanker Kulit

Sunscreen membantu mengurangi risiko terjadinya kanker kulit, terutama kanker kulit sel skuamosa, kanker kulit sel basal, dan melanoma.

 

5. Mengurangi Risiko Pembengkakan Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan pembengkakan matahari atau sunburn. Sunscreen membantu mencegah pembengkakan matahari dan meredakan peradangan yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

 

6. Mencegah Hiperpigmentasi

Paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi atau produksi melanin berlebihan, yang dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik gelap pada kulit. Dengan menggunakan sunscreen, Anda dapat mengurangi risiko terjadinya hiperpigmentasi dan menjaga kulit tetap cerah.

 

7. Mencegah Kerusakan Sel Kulit

Sinar UV dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit, yang dapat mengganggu fungsi kulit dan menyebabkan masalah kulit lainnya. Sunscreen membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan tersebut.

 

8. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sunscreen membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan dan meminimalkan risiko berbagai masalah kulit.

 

9. Mencegah Terjadinya Sunburn

Jika kamu berencana ingin berlibur ke pantai atau negara beriklim tropis, kamu wajib membawa sunscreen! Tidak lengkap rasanya pergi ke pantai tanpa lakukan aktivitas berjemur di bawah sinar matahari. Untuk itu, siapkan dan selalu gunakanlah sunscreen. Disarankan juga menggunakan sunscreen dengan lapisan yang cukup tebal agar melindungi kulit lebih maksimal.

Kamu juga bisa melakukan pengulangan beberapa kali pada penggunaan sunscreen di wajah. Hal ini dilakukan demi menghindari kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari langsung. Jika terjadi sunburn, tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan kulit dan kenyamananmu saat beraktivitas. Kulit terasa perih, kasar, kering, dan mengelupas.

 

Penting untuk menggunakan sunscreen dengan benar dan mengaplikasikannya secara cukup, terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda dan pastikan untuk mengaplikasikannya secara merata pada seluruh area kulit yang terpapar sinar matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: instagram @alodokter_id