5 Fakta Menarik Film Mantra Surugana, Horor Lokal dengan Nuansa Budaya Sunda

5 Fakta Menarik Film Mantra Surugana, Horor Lokal dengan Nuansa Budaya Sunda

--

DISWAY JOGJA - Pencinta film horor tanah air kembali kedatangan film horor lokal, yaitu Mantra Surugana yang sudah meneror bioskop kesayanganmu sejak 27 Juli 2023 lalu. Debut kerja sama antara Peregrine Studios dengan Adhya Pictures dan ZK Digimaz ini mempercayakan Dyan Sunu Prastowo sebagai sutradara untuk meramu kisah Mantra Surugana dalam bentuk visual.

Film ini menceritakan tentang bangkitnya sesosok iblis sunda kuno lewat rapalan sebuah mantra. Dibintangi oleh Sitha Marino, Cindy Nirmala, Fergie Brittany, Yusuf Mahardika hingga pemeran pendukung lainnya. 

Kata Surugana dalam film tersebut diambil dari nama iblis yang dipercaya lahir dan ada di sekitar wilayah Jawa Barat atau di tataran Tanah Sunda. Iblis Surugana memiliki nama asli Hurugana yang bisa dipanggil dengan mantra ketika seseorang memiliki niat buruk dan mengirimkannya ke orang lain agar ia sakit atau kena sial.

Sebelum nonton filmnya di bioskop, ada 5 fakta menarik seputar film Mantra Surugana. Berikut ulasannya :

1. Angkat budaya lokal

Saat ini makin banyak film-film horor Indonesia yang mengangkat kebudayaan lokal dan dekat dengan masyarakat.

Salah satunya adalah Mantra Surugana yang mengangkat budaya Sunda yaitu mantra yang biasanya dibacakan untuk menolak bala.

Mantra biasanya digunakan sebagai ekspresi doa dengan tujuan yang baik seperti meminta kesejahteraan, kesuburan dan kedamaian.

Tetapi ada juga orang yang menggunakan mantra dengan maksud jahat yaitu untuk mencelakakan orang lain.

2. Sosok nyata iblis Surugana

Film Mantra Surugana juga tidak lepas dari peran iblis yang dipercaya bahwa sosoknya nyata.

Namun, tim produksi memutuskan untuk mengganti nama Hurugana menjadi Surugana untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: