Butuh Hiburan Seru? Yuk Pelihara 9 Ikan Hias ini di Akuarium Kesayanganmu!

Butuh Hiburan Seru? Yuk Pelihara 9 Ikan Hias ini di Akuarium Kesayanganmu!

Ikan hias-Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Memiliki hewan peliharaan di rumah bisa membuat hari hari makin terasa menyenangkan. Terlebih setelah seharian melakukan beragam aktifitas yang kerap kali menimbulkan stres. 

Karenanya, hewan peliharaan seringkali menjadi pelarian yang bisa membuat semangat kembali meningkat. Ikan menjadi salah satu hewan favorit yang dijadikan peliharaan banyak orang.

Umumnya orang-orang memilih ikan hias sebagai peliharaan sekaligus memperindah suasana rumah. Memelihara ikan hias bisa membantu pemiliknya mengatasi stres dan menurunkan tekanan darah juga detak jantung, ini tentu sangat baik untuk kesehatan bukan?

Sebagian orang biasanya memelihara ikan hias di kolam. Namun, bagi mereka yang tidak memiliki lahan luas, akan lebih ideal memeliharanya di akuarium. 

Ajuarium bisa menjadi rumah yang nyaman untuk ikan bila Jika kamu bisa menatanya dengan tepat, misalnya dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan, kerikil, batu karang, dan lainnya. Itu akan membuat ikan hias merasa hidup di habitat aslinya.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memelihara ikan di akuarium

Sebelum memutuskan untuk memelihara ikan hias di akuarium, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut:

1. Pilih Jenis Ikan Hias yang Sesuai

2. Ukuran Akuarium

3. Pemilihan Kualitas Air

4. Pakan Ikan

5. Perawatan Akuarium

6. Pelengkap Akuarium

7.Siapkan Akuarium Dengan Ventilasi

8. Pilih Jenis Ikan Yang Tepat

9. Isi Aquarium Dengan Batu Zeolite Secukupnya

10. Jangan Campurkan Air Akuarium Dengan Klorin Dan Kaporit

11. Jaga Suhu Serta PH Air Agar Tetap Stabil

12. Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

13. Bersihkan Akuarium Secara Rutin

14. Jangan Memberi Makan Ikan Secara Berlebihan

Jenis ikan hias yang cocok dipelihara di akuarium

Selanjutnya berikut beberapa jenis ikan hias bisa kamu pelihara di akuarium. Tak hanya cantik, proses perawatan ikan ini juga cukup mudah. Penasaran apa saja? Simak sampai selesai ya.

1. Ikan Cupang

Semua orang pasti sudah sangat familiar dengan ikan ini bukan? Ya, Ikan cupang termasuk dalam ikan hias air tawar yang berasal dari Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Brunei, Singapura, Malaysia, dan juga Vietnam.

Ikan yang memiliki bentuk tubuh dan karakter yang unik ini cenderung agresif. Ikan Cupang mempunyai harga yang cukup bervariasi, tergantung jenis dan keindahannya. Ikan ini umumnya dijual dengan harga mulai dari belasan ribu hingga jutaan loh

2. Ikan Molly

Ikan hias yang bisa kamu pelihara selanjutnya adalah ikan molly. Ikan ini hanya bisa tumbuh sampai dengan 3 hingga 4 inci saja. 

Ikan Moly sebetulnya bisa hidup dengan sehat di dalam akuarium yang memiliki pH dari 0,7 hingga 7,8. Meskipun demikian, ikan tersebut juga bisa beradaptasi dengan cukup baik di berbagai kondisi air.

Ikan ini juga sangat mudah dirawat dan sangat cepat berkembang biak.

3. Ikan Guppy

Ikan Guppy memiliki warna-warni yang beragam dan termasuk ke dalam ikan yang lincah. Mereka juga sangat mudah beradaptasi di berbagai kondisi air. 

Selain itu perawatan ikan ini tergolong sangat mudah. Itulah mengapa ikan ini banyak dipilih untuk dijadikan ikan hias.

4. Ikan Neon Tetra

Jenis ikan hias selanjutnya adalah neon tetra. Ikan ini memiliki ukuran yang kecil dan mudah untuk dirawat.

Ikan neon tetra tersedia dalam berbagai warna yang cerah. Neon tetra umumnya memiliki garis horizontal berwarna biru di seluruh bagian tubuhnya. Garis ini menjadikan ikan tetap terlihat meski di perairan yang gelap. Karenanya ia dinamakan neon.

5. Ikan Platy

Memiliki ukuran yang kecil, ikan platy sangat aktif dan gemar berkelompok. Seperti ikan guppy, Ikan ini juga tersedia beragam jenis warna.

Ikan platy merupakan jenis komunitas ikan yang tergolong hebat, sangat rukun dan damai. Sekalipun satu akuarium dengan jenis ikan lain seperti molly dan guppy. 

6. Ikan Koi

Ikan koi pertama kali dipopulerkan di Jepang pada tahun 1920. Ikan ini merupakan hasil persilangan antara beberapa jenis ikan mas berwarna putih dan juga merah.

Ikan koi dapat hidup dan tumbuh mencapai ukuran yang cukup besar. Umumnya, ikan koi memiliki warna sangat cantik, yang bisa membuat harga jualnya menjadi sangat mahal.

Konon, bila memelihara ikan ini di rumah, kamu akan mendapatkan banyak keberuntungan loh.

7. Ikan Oscar

Ikan Oscar termasuk dalam kategori ikan yang kurang ramah dengan jenis ikan hias lainnya. Ini karena mereka memiliki sifat yang sangat agresif dan aktif. 

Namun, tak bisa dipungkiri ikan hias ini memiliki penampilan yang sangat menawan.

Kamu membutuhkan bentuk aquarium yang lebih besar dari biasanya, ikan oscar memiliki ukuran tubuh yang cukup besar saat dewasa. 

8. Ikan Louhan

Ikan louhan ini memiliki ciri khas bentuk jenong pada bagian kepalanya. Karenanya, ikan ini bisa dihargai sangat mahal, terlebih bila memiliki warna corak yang unik pada bagian tubuhnya. 

Ternyata, besar bentuk jenong kepalanya menandakan tingkat keagresifan mereka terhadap ikan lain loh.

9. Clown Fish

Meskipun berhabitat asli di laut, namun ikan dalam film finding nemo ini memiliki perawatan relatif mudah. Kamu hanya perlu memasukkan terumbu karang dalam akuarium, agar ikan Clown Fish merasa lebih nyaman seperti di habitat aslinya.

10. ManFish

ManFish tergolong ikan hias aquarium yang sangat mudah dipelihara karena sifatnya yang bisa bercampur dengan jenis ikan hias lainnya.

Ikan ini memiliki ciri– ciri bentuk badan yang pipih dengan sirip memanjang. 

Selain harganya cukup murah, ikan manfish juga hadir dalam banyak pilihan warna yang membuatnya cocok dijadikan sebagai penghias akuarium di rumah. 

 

Selain kesepuluh diatas, masih banyak jenis ikan lain yang bisa kamu pelihara dalam akuarium. Seperti Ikan Rainbowfish, Ikan Discus, Ikan Corydoras, Ikan Black Ghost, dan lain-lain.

Kira-kira kami tertarik untuk memelihara nomot berapa?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: