Saluran Air Diduga Tercemar Limbah Pabrik, Ribuan Ikan Kecil Mati

Saluran Air Diduga Tercemar Limbah Pabrik, Ribuan Ikan Kecil Mati

TERCEMAR - Saluran air banyak ikan kecil mengambang. Diduga saluran air tercemar akibat limbah pabrik. -AGUS WIBOWO/RATEG -

TEGAL, DISWAYJOGJA - Ribuan ikan-ikan kecil yang berada di selokan atau saluran air yang berada di sebelah timur Kelurahan Mintaragen, Tegal Timur mati. Matinya ikan itu diduga akibat tercemar limbah pabrik yang mengalir ke saluran air yang tepat di belakangnya.

BACA JUGA:6 Merk TV Terbaik 2023 dan Terlaris di Indonesia, Siapa Saja Merknya? Ini Dia!

Matinya ikan-ikan kecil itu sempat menjadi tontotan warga hingga anak sekolah yang lokasinya di sekitar Universitas Pancasakti Kota Tegal. Bahkan sebagian warga sempat mengabadikan momentum banyak ikan mati. Demikian dengan kondisi air yang berwarna hijau kebiruan membuat lingkungan menduga air tersebut telah tercemar air limbah pabrik yang dekat dengan lokasi.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Mesin Cuci Low Watt 1 Tabung Terbaik, Baju Bersih Listrik Aman, Yuk Cek Apa Saja Mereknya!

”Ikan-ikan kecil pada mati. Diduga akibat tercemar limbah pabrik,” kata Yanto, warga setempat Sabtu (2/12/2023).

BACA JUGA:Cek Harga dan Promo Menariknya, Tecno Phantom V Flip 5G Resmi di Rilis

Menurut Yanto, instansi terkait harus segera melakukan tindakan dan antisipasi. Hal ini agar lingkungan di sekitarnya tidak terdampak. Hal serupa dikatakan Agus, warga Mintaragen lainnya. Dia menyebut kerap melihat saluran air di sekitar RT 02 hingga RT 05 berwarna hijau kebiruan. Demikian dengan bau yang berbeda. ”Ya saya sering melihat ini. Saya menduga ini akibat limbah pabrik,” ungkapnya.

BACA JUGA:Resmi Dirilis, Harga Murah dan Terjangkau Advan Sketsa 3 cuma Rp 1.999.000 Saja!

Terpisah, Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran, Kerusakan Lingkungan Hidup dan Keanekaragaman Hayati DLH Kota Tegal Maman Suherman menambahkan, warga harus melapor dengan format, RT RW mana dan ditujukan ke instansinya. Dengan demikian, bisa ditindaklanjuti. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: