Harkanas 2023, Warga Kota Tegal Diajak Makan Ikan Setiap Hari

Harkanas 2023, Warga Kota Tegal Diajak Makan Ikan Setiap Hari

HASIL PERIKANAN – Pekerja mengangkat produk hasil perikanan di Komplek Tempat Pelelangan Ikan Jongor. Kota Tegal menjadi daerah dengan hasil perikanan melimpah. -K. ANAM SYAHMADANI/RADAR TEGAL -

TEGAL, DISWAYJOGJA - Hari Ikan Nasional (Harkanas) diperingati setiap 21 November. Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan (DKPPP) Kota Tegal mengajak warga Kota Tegal untuk makan ikan setiap hari. Sebagai daerah yang berada di pesisir Pantai Utara, Kota Tegal memiliki hasil perikanan yang melimpah. Karena itu, masyarakat jangan hanya menjadi penonton.

BACA JUGA:Hari Ikan Nasional 2023 di Kota Tegal Jadi Momen Wujudkan Generasi Emas

Ikan melimpah di Tegal. Karena itu, sayang sekali jika masyarakat Kota Tegal hanya menjadi penonton. Mari makan ikan setiap hari. Konsumsi ikan mencerdaskan dan menyehatkan,” kata Kepala DKPPP Kota Tegal Sirat Mardanus saat memperingati Harkanas 2023 yang mengusung tema Ikan untuk Generasi Emas, Selasa (21/11/2023).

BACA JUGA:Perhatikan! Jangan lakukan Ini Jika Ingin AC Portabel Tetap Awet, Simak Dulu Sebelum Terjadi!

Kota Tegal memiliki tiga Tempat Pelelangan Ikan (TPI), yakni TPI Muarareja, Jongor, dan Pelabuhan. Berdasarkan data DKPPP Kota Tegal, di 2023, produksi perikanan tangkap di Kota Tegal sampai Triwulan III mencapai 26.428 ton dan produksi perikanan budidaya 443 ton. Sedangkan produksi olahan ikan sampai dengan Triwulan III sebesar 5.612 ton.

BACA JUGA:Inilah 7 Destinasi Wisata Terbaru yang Wajib Dikunjungi di Jogja

Disampaikan, ikan merupakan sumber makanan yang dilengkapi dengan berbagai nutrisi, seperti asam lemak omega tiga, protein, vitamin, zat besi, dan mineral berkualitas tinggi. Konsumsi ikan direkomendasikan sejak bayi dalam kandungan. Jika bayi sudah lahir, dapat diberikan dalam bentuk Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) saat bayi berusia enam bulan.“Agar tidak bosan dalam makan ikan, olahan ikan cukup bervariasi,” ujar Sirat.

BACA JUGA:Sensasi Kuliner Jogja 2023! Inilah 12 Restoran Baru yang Wajib Dicoba

Harkanas 2023 mengangkat tema Ikan untuk Generasi Emas. Tema tersebut diangkat sebagai upaya mengingatkan kembali kepada masyarakat Indonesia bahwa ikan memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, kecerdasan, dan kekuatan. Sejumlah kegiatan sudah dilaksanakan DKPPP Kota Tegal untuk memperingati Harkanas 2023.

BACA JUGA:Debit Aliran Sungai Pemali Meningkat, Warga Desa Kalinusu Gunakan Perahu Penyeberangan

Di antaranya Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, sosialisasi, maupun pelatihan pengolahan hasil perikanan. “Harkanas 2023 menjadi momentum meningkatkan kesadaran dan komitmen mengkonsumsi produk perikanan yang berkelanjutan dan menjadikan ikan sebagai sumber protein pilihan keluarga,” ungkap Sirat. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: