Bukan Jakarta, Ternyata ini Kota Paling Kaya di Indonesia! Apa itu Kotamu?

Bukan Jakarta, Ternyata ini Kota Paling Kaya di Indonesia! Apa itu Kotamu?

Kediri menjadi Kota Terkaya di Indonesia -Disway -Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Indonesia adalah salah satu negara dengan ukuran wilayah yang cukup luas dan beragam penduduk di dalamnya. Setiap satu kota dengan kota lainnya tentu memiliki banyak perbedaan yang cukup unik hingga menjadikannya sebagai identitas tersendiri.

Salah satu perbedaan yang bisa ditemukan dari setiap kota di Indonesia adalah tingkat kemakmuran masyarakatnya.

Lantas, bagaimana perhitungan kekayaan suatu kota?

Salah satu yang bisa menjadi tolak ukur tingkat kemakmuran dari suatu wilayah ialah dilihat dari nilai Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita di masing-masing kota.

BACA JUGA:Bukan Indonesia! Ini 10 Negara Paling Bahagia di Dunia, Nomor 1 Wajib dikunjungi!

Ini berarti, kita bisa mengetahui mana saja kota terkaya di Indonesia melihat dari perhitungan PDRB atau produk domestic regional bruto Kabupaten dan juga Kota di Indonesia. 

Sebagai informasi, PDRB atau Produk Domestik Regional Bruto merupakan jumlah nilai tambah bruto yang muncul dari setiap sektor perekonomian pada daerah tersebut.

Perhitungan PDRB sendiri dilakukan oleh BPS atau Badan Pusat Statistik yang telah mengikuti standar Sistem Neraca Nasional tahun 2008 yang juga telah dipublikasikan oleh PBB. 

Cara untuk menghitung PDRB sendiri adalah dengan menjumlahkan pendapatan kemudian dibagi dengan jumlah total penduduk daerah tertentu dalam kurun waktu satu tahun.

10 Kota Terkaya di Indonesia 

Nah, dari sekian banyaknya kota yang ada di Indonesia, kira-kira kamu bisa tebak ngga nih, kota manakah yang terkaya diantara yang lain? Jika belum tahu, berikut diswayjogja paparkan 10 kota terkaya di Indonesia mengutip berbagai sumber.

1. Kediri

Kediri menjadi kota terkaya pertama di Indonesia. Kota ini menjadi tempat perusahaan rokok terbesar di Indonesia yaitu PT Gudang Garam Tbk yang sudah berdiri sejak tahun 1958.

Kota ini berada di Jawa Timur dan menjadi contributor Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB terbesar di negara Indonesia karena memiliki industri tembakau. 

Tak hanya itu, industri tembakau yang ada di kota tersebut juga menjadi salah satu sektor unggulan yang menjadikan alasan kenapa Kediri masuk ke dalam daftar kota terkaya di Indonesia.

Di tahun 2020 lalu, kediri berhasil memiliki Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita sebesar Rp457,9 juta. Besar sekali bukan?

2. Bontang

Kota terkaya di Indonesia berikutnya adalah kota Bontang. Kota yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur ini menjadi wilayah yang berorientasi pada sektor jasa, industri dan perdagangan.

Tak bisa dipungkiri perkembangan industri di kota Bontang, tak kalah dengan sektor industri yang ada di pulau Jawa. 

Pada tahun 2020 lalu, tercatat angka Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita di Kota bontang mencapai Rp312,14 juta loh.

3. Jakarta

Bicara tentang kota terkaya di Indonesia tentu akan tertuju pada Kota Jakarta. Dimana Jakarta Pusat adalah salah satu dari lima kota administrasi di Indonesia. Kota administrasi adalah pembagian wilayah administrasi yang ada di Indonesia dan berada di bawah provinsi.

Kota administrasi disini lebih mengarah ke pembangunan yang sesuai dengan perkembangan sosial ekonomi dan juga fisik perkotaan.

Kota Jakarta Pusat menjadi salah satu jantung dari perekonomian, pemerintahan serta perdagangan yang ada di Indonesia. Jika dilihat, Jakarta juga menjadi salah satu kota yang di dalamnya berdiri banyak perubahaan besar.

Karena itu, tidak heran jika Jakarta Pusat mampu memasuki daftar kota terkaya di Indonesia. Pada tahun 2020 lalu, BPS mencatat Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita kota Jakarta adalah sebanyak Rp753,7 juta.

4. Cilegon

Adapula kota Cilegon yang juga masuk dalam daftar kota terkaya di Indonesia. Kota Cilegon terletak di Provinsi Banten dan tercatat mampu mendapatkan Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB mencapai Rp233,02 juta. 

Kota Cilegon juga memiliki industri berkembang di dalamnya seperti pengolahan baja di PT Krakatau Steel, dll.

5. Surabaya

Kota Surabaya masuk dalam daftar salah satu kota terkaya dan termakmur di Indonesia selanjutnya. Kota ini merupakan ibukota Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, Kota Surabaya juga memiliki berbagai sektor industri maupun perdagangan modern sangat berpengaruh besar pada ekonomi di kota tersebut. 

BPS mencatat, kota Surabaya memiliki Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita mencapai jumlah Rp190,89 juta.

6. Balikpapan

Tak hanya menjadi salah satu kota besar yang ada di Kalimantan Timur, Balikpapan juga masuk ke dalam jajaran kota terkaya yang ada di Indonesia.

Sama seperti Bontang, Balikpapan juga mempunyai sektor industri dan perdagangan yang mayoritasnya adalah minyak bumi dan gas alam.

Karena itulah kota Balikpapan akhirnya berhasil mecatat Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita hingga Rp155,97 juta.

7. Tarakan

Kota yang berada di Provinsi Kalimantan Utara ini masuk ke dalam daftar salah satu kota terkaya di Indonesia. Kota ini memiliki berbagai jenis industri yang sangat mendukung perekonomian didalamnya.

Sedikit berbeda dengan kota Bontang dan Balikpapan, Kota Tarakan memiliki sektor industri yang lebih berfokus pada perkapalan, peternakan hingga kelautan. 

Tercatat Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita dari kota tersebut mampu mencapai angka Rp136 juta loh.

8. Dumai

Berikutnha ada kota Dumai yang terletak di provinsi Riau. Kota ini sangat terkenal karena banyak berdiri perusahaan multinasional seperti Sinarmas Group, Wilmar Group, Asian Agri, Chevron dan masih banyak lainnya.

Kota Dumai tercatat mendapatkan Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita sebesar Rp115,61 juta.

9. Makassar

Makassar masuk dalam salah satu kota terkaya di Indonesia berikutnya. Kota ini terletak di Sulawesi Selatan yang di dalamnya memiliki potensi sektor pertambangan seperti minyak dan gas. 

Data BPS mencatat Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita dari kota Makassar adalah sekitar Rp115,39 juta.

10. Batam

Selanjutnya ada Kota Batam yang berada di provinsi Kepulauan Riau dengan Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita sekitar Rp113,48 juta.

Sektor perekonomian yang ada di kota ini didukung dengan keberadaan industri seperti elektronik, kimia, furniture, kulit, logam dan lainnya.

 

Itulah tadi 10 kota terkaya di Indonesia, apa kota tempat mu tinggal juga termasuk?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: