Bingung Liburan Di Ngawi Ga Kemana-mana! Ini dia 7 Wisata Unik yang Ada di Ngawi

Bingung Liburan Di Ngawi Ga Kemana-mana! Ini dia 7 Wisata Unik yang Ada di Ngawi

Tugu Kota Ngawi--

DISWAY JOGJA - Berjalan-jalan ke Jawa Timur akan membuat Anda  menemukan Ngawi, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Ngawi juga diketahui berdekatan dengan Kabupaten Pacitan yang mana memiliki banyak julukan. Salah satu julukan yang dimiliki Ngawi adalah Kota Bambu. Bahkan julukan ini diyakini menjadi asal-usul dari nama Kabupaten tersebut. Awi berarti bambu dan ditambah fonem Ng. Tempat ini menawarkan banyak objek wisata indah.

Tidak hanya julukan Kota Bambu, ada juga julukan yang disebut Kota Kripik Tempe karena jarang ditemukan di kota lain. Sebagian warga juga mendengar adanya sebutan sebagai Kota yang Ramah. Tak heran jika julukan tersebut juga menjadi slogan dari Ngawi.

Obyek wisata Ngawi ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter, dengan kolam alami yang cukup dangkal. Sehingga kamu dapat bermain – main dengan kesegaran air pegunungan yang begitu menyegarkan. Karena berada di kawasan hutan Jogorogo, udara yang dirasakan sangat sejuk dengan pemandangan alam yang indah.

Ngawi adalah salah satu kota di Jawa Timur, Indonesia, yang memiliki berbagai objek wisata menarik. Berikut beberapa fakta unik tentang wisata di Ngawi:

 

1. Air Terjun Srambang: Masih dengan destinasi wisata air terjun. Kali ini Anda  bisa menemukan Air Terjun Srambang. Lokasi air terjun ini memang tersembunyi. Letaknya di antara hutan pinus yang menjadikannya makin terasa sejuk dan suasana sunyi. Tempat wisata ini juga direkomendasikan untuk Anda  yang hobbi travelling.

Lokasinya berada di Desa Grimulyo, Kecamatan Jogorogo Ngawi. Untuk bisa mencapai lokasi, dibutuhkan perjalanan yang cukup berliku hingga sampai di air terjun srambang. Jaraknya 25 km dari pusat kota.

2. Goa Selomangleng: Goa ini memiliki sejarah yang menarik karena pernah menjadi tempat persembunyian bagi para pejuang dalam Perang Diponegoro pada abad ke-19.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Wisata Keren yang Ada di Kota Jepara, Nomor 2 sih Banyak Sejarah nya

3. Taman Wisata Tawun: Untuk menuju kawasan wisata ini Anda perlu menempuh jarak sekitar 6 km dari pusat kota. Melewati jalur Solo-Ngawi kemudian masuk ke daerah Basuki Rahmat, melaju sampai berjumpa dengan Angkringan Dn Dm lalu belok kiri. Setelah melalui perempatan melaju ke jalan Sunan Lawu, tinggal menemukan plang Taman Wisata Tawun maka Anda tiba di lokasi.

Taman ini sering digunakan untuk menggelar upacara adat Keduk Beji, yang memang menjadi tradisi warga setempat. Upacara tersebut dilaksanakan setiap Selasa Kliwon menurut perhitungan kalender Jawa Islam. Warga yang berjenis kelamin laki-laki akan membersihkan sumber mata air di wilayah sekitar, dan melakukan penggantian air di dalam beji.

Daya tarik taman wisata ini terletak pada hewan bulus yang berkeliaran bebas dan berjumlah ribuan. Sebagian besar kawasan wisata dipenuhi pohon-pohon hijau nan rimbun. Selain itu ada wahana kolam renang yang dilengkapi dengan arena waterboom. Anda bisa berkunjung bersama keluarga, lalu mengajak si kecil untuk berkenalan dengan flora dan fauna sekitar.

4. Pemandian Air Panas Cangar: Di Ngawi, terdapat pemandian air panas alami yang populer bernama Pemandian Air Panas Cangar. Tempat ini sangat cocok untuk bersantai dan menikmati air panas alami dari mata air gunung.

5. Pantai Serang: Ngawi juga memiliki pantai indah yang bernama Pantai Serang. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, menjadi tempat yang tepat untuk berlibur bersama keluarga.

BACA JUGA:Rekomendasi 10 Wisata Unik dan Bersejarah yang Ada di Kudus, Nomor 2 sih Kamu Harus Berziarah

6. Gunung Lawu: Sebagian wilayah Ngawi juga berada di kaki Gunung Lawu, salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Pendaki dapat menikmati keindahan alam di Gunung Lawu dan mengikuti pendakian ke puncaknya.

7. Terowongan Kereta Api Sepanjang 1001 Meter: Di Desa Pandeman, Ngawi, terdapat terowongan kereta api yang sangat panjang dan memiliki sejarah menarik dalam pembangunannya.

Ngawi memiliki banyak potensi wisata yang menarik dan beragam. Bagi para pelancong, kota ini menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dan tak terlupakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: traveloka.com