Rekomendasi 10 Wisata Unik dan Bersejarah yang Ada di Kudus, Nomor 2 sih Kamu Harus Berziarah

Rekomendasi 10 Wisata Unik dan Bersejarah yang Ada di Kudus, Nomor 2 sih Kamu Harus Berziarah

Menara Kudus Masjid Al Aqsa--

 

DISWAY JOGJA - Kudus merupakan salah satu daerah terkecil yang masuk dalam kawasan Jawa Tengah. Kudus dilewati oleh jalur pantura yang menjadi jalan utama Jakarta dan Surabaya. Kota kudus dikenal juga dengan Kota Santri dan Kota Kretek ( Rokok ).  Selain itu, Kudus dulunya juga dikenal sebagai pusat perkembangan agama islam di tanah jawa. Ini bisa dilihat dari makam-makam para wali yang terdapat disini seperti Makam Sunan Kudus, Sunan Muria, Sunan Kedu dan masih banyak lagi.

Dan lain itu semua, kudus juga memiliki tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi ketika melewati pantura nantinya. Banyak wisata alam maupun edukasi lain yang menarik untuk dikunjungi.

Walaupun Kota Kudus dikenal dengan Kota Santri, namun banyak tempat di Kudus yang berpotensi untuk bisa dikembangkan sebagai wisata lainnya. Banyak pemandangan alam yang asri dan masih terjaga kelestariannya di kota ini.

Wisatawan dapat mengunjungi kota ini dengan teman dan keluarga. Rugi jika tidak melakukan perjalanan wisata di Kota Santri ini karena banyak destinasi wisata lainnya yang siap menunggu untuk dikunjungi. Disini terdapat beberapa pilihan Destinasi Wisata di Kudus yang ada

Meskipun ukurannya kecil, Kudus memiliki beberapa tempat wisata menarik yang patut untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata di Kudus:

1. Menara Kudus: Salah satu ikon kota Kudus, Menara Kudus adalah sebuah bangunan bersejarah dengan arsitektur unik yang menggabungkan gaya Jawa dan Arab. Menara yang menjadi icon dari Kota Kudus ini biasa orang menyebutnya dengan Masjid Al-Mana dan Masjid Al-Aqsa. Masjid yang dulunya dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 ini memiliki keunikan tersendiri. Selain bentuknya yang mirip dengan candi karena perpaduan Budaya Islam dan Hindu, bahan dari pembuatan menara ini pun menggunakan Batu Maqdis dari Palestina.

Lokasi : Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus

2. Makam Sunan Kudus: Makam ini adalah tempat ziarah bagi umat Islam, karena Sunan Kudus adalah salah satu dari sembilan Walisongo yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Makam Sunan Kudus Dan kalau anda berkunjung ke Makam ini, maka di belakangnya terdapat peristirahatan terakhir dari Sunan Kudus yang selalu ramai dikunjungi setiap waktunya. Karena Sunan Kudus juga masuk dalam salah satu Wali Songo yang terkenal di Pulau Jawa karena dakwahnya dalam menyebarkan Islam di Nusantara.

3. Museum Kretek: Museum ini menyajikan sejarah dan proses pembuatan rokok kretek, produk khas Kudus yang terkenal. Museum Kretek di Kudus merupakan satu-satunya Museum Rokok yang ada di Indonesia. Selain sebagai simbol pesatnya perkembangan kretek di Tanah Jawa terutama Kota Kudus. Di Museum ini anda akan mengenal sejarah, proses produksi baik manual hingga modern.

Museum yang dibangun pada tanggal 3 Oktober 1986 ini memiliki lebih dari 1.195 koleksi sejarah yang tersimpan di museum ini. Diantaranya Bahan dan peralatan rokok kretek, Benda-benda promosi di masa lampau, dokumentasi pendiri Pabrik rokok Bal Tiga, dan masih banyak lagi.

Lokasi : Jalan Getas Pejaten No. 155, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Buka : Setiap hari | 07.30 – 16.00

4. Waduk Sempor: Waduk yang indah dengan pemandangan alam yang menakjubkan, cocok untuk piknik dan berbagai kegiatan air.

5. Pabrik Gula Jatibarang: Tempat bersejarah yang pernah menjadi pabrik gula terbesar di Asia pada masa kolonial Belanda.

6. Kampung Batik Kudus: Tempat belanja batik khas Kudus dan melihat proses pembuatannya.

7. Curug Gede Kudus: Air terjun yang indah dan sejuk, tempat ini cocok untuk berwisata alam dan menikmati suasana pedesaan.

8. Vihara Hok An Kiong: Vihara bersejarah yang indah dan tenang, merupakan tempat ibadah bagi umat Buddha.

9. Curug Benowo: Air terjun yang menyegarkan dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang menakjubkan.

10. Sentra Kuliner Kudus: Nikmati makanan khas Kudus, seperti Soto Kudus, Mie Kudus, dan berbagai makanan lezat lainnya.

Pastikan untuk menikmati keindahan dan keunikan Kudus ketika berkunjung ke kota ini. Selamat berwisata!

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: traveloka.com