Selain Tahu Sumedang Ini 8 Kulinernya yang Bikin Nagih! Jangan Lupa untuk Mencoba

Selain Tahu Sumedang Ini 8 Kulinernya yang Bikin Nagih! Jangan Lupa untuk Mencoba

Soto Bongko Khas Sumedang--

Asinan Sukasari terdiri dari sayuran dan buah-buahan yang direndam garam serta gula. Rasanya sangat segar, karena memadukan sayuran, seperti timun dengan buah kedondong.

Asinan buah terdiri dari potongan berbagai macam buah-buahan yang direndam dalam air gula selama beberapa jam. Buah yang dipakai untu diolah menjadi asinan ini biasanya buah kedondong papaya jambu, bengkoang, salak dan beberapa jenis buah lainnya.

Asinan sayur ini lebih terasa segar jika dibandingkan dengan asinan buah. Rasa asam dan manisnya lebih dominan ketimbang asinnya. Sangat cocok dimakan ketika siang hari yang sangat terik.

4. Opak Ketan

Opak adalah kudapan has Sunda yang kering renyah sejenis dengan kerupuk. Opak berbeda bahan dasarnya dengan kerupuk.

Kerupuk terbuat dari tepung tapioka, desangkan opak terbuat dari tepung beras atau ketan yang diberi bumbu garam, gula, kelapa parut dan bumbu penyedap.

Opak ketan kerap ditemui di Priangan, Sumedang. Adapun dua varian opak yang terkenal berasal dari Conggeang dan Cimanggung.

5. Emplod

Emplod adalah sejenis makanan yang terbuat dari singkong. Semacam dengan combro dan guik yang juga terbuat dari singkong dan sama-sama digoreng

Emplod terbuat dari campuran singkong dan kelapa, mirip endog lowo, bedanya emplod tidak dicampur daun bawang.

6. Sambal Oncom

Sambal oncom dari Sumedang tak kalah nikmat. Oncom dicampur beragam bumbu, seperti bawang dan cabai untuk dijadikan sambal pedas.

7. Ubi Cilembu

Ubi cilembu dari Pamulihan ini jadi produk unggulan Sumedang. Teksturnya lembut dengan rasa manis mirip madu, dijamin bikin ketagihan.

8. Tahu Sumedang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: