5 Manfaat Mengonsumsi Air Putih Setelah Bangun Tidur, Kamu Wajib Tahu!

5 Manfaat Mengonsumsi Air Putih Setelah Bangun Tidur, Kamu Wajib Tahu!

Ilustrasi mengonsumsi air putih dipagi hari-Disway-Google

DISWAYJOGJA.ID - Air merupakan zat penting yang menyusun 50% – 60% komposisi tubuh manusia. Di dalam tubuh, air memiliki beragam fungsi, seperti melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan suhu tubuh, hingga membantu ginjal untuk membersihkan kotoran dari dalam tubuh.

Secara umum, seluruh organ tubuh memerlukan air agar dapat berfungsi dengan baik. Itulah mengapa, kamu harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Salah satunya yakni saat setelah bangun tidur.

Manfaat Minum air putih setelah Bangun Tidur

Membiasakan minum air putih setelah bangun tidur memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Melansir alodokter.com, diantara manfaat-manfaat tersebut ialah:

1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Meminum air setelah bangun tidur dapat membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh. Racun tersebut nanti akan keluar bersamaan dengan urine.

2. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Kebiasaan ini bahkan diyakini dapat mencegah munculnya jerawat dan menjaga kulit tetap lembap loh

3. Mengendalikan keinginan makan

Setelah bangun tidur, kamu mungkin sering merasa lapar. Hal ini wajar, karena lambung berada dalam keadaan kosong sepanjang malam. Rasa lapar ini dapat memicu seseorang makan terlalu banyak saat sarapan.

Mengonsumsi air putih setelah bangun tidur dapat membantu mengendalikan keinginan untuk makan berlebihan. Ini karena minum air putih membuat lambung terisi dan meregangkan  dindingnya, sehingga memberikan efek kenyang.

4. Meningkatkan produktivitas

Minum air putih setelah bangun tidur dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh terasa segar. Karenanya kamu bisa lebih produktif.

Namun ingat, bahwa kamu juga perlu asupan kalori sebagai sumber tenaga, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi saat sarapan.

Ingat pula untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Karena, bila tubuh terhidrasi dengan baik, kita dapat lebih fokus dan lebih mudah berkonsentrasi, sehingga produktivitas kerja juga meningkat.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh

Minum air putih setelah bangun tidur dinilai mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Beberapa ahli juga meyakini bahwa kebiasaan ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Setelah mengetahui beragam manfaat meminum air dipagi hari, semoga kita dapat membiasakan hal tersebut dalam keseharian. Ini tidak lain untuk kebaikan dan kesehatan kita sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: alodokter.com