5 Rekomendasi Wisata yang Unik dan Keren Ada di Kota Samarinda, Nomor 3 Sih Kalian Harus kesana

5 Rekomendasi Wisata yang Unik dan Keren Ada di Kota Samarinda, Nomor 3 Sih Kalian Harus kesana

Islamic Center Samarinda--

DISWAY JOGJA - Salah satu yang khas dari kota Samarinda adalah kain tenunnya. Kain tenun khas Samarinda memiliki motif kotak-kotak yang cantik. Jika ingin membeli kain tenun ini sebagai oleh-oleh, silakan datang ke Kecamatan Samarinda Seberang. Ada dua kampung yang menjadi pusat kerajinan ini yaitu Kampung Baqa dan Kampung Masjid.

Saat mendengar tentang Samarinda, mungkin hal pertama yang terbesit di pikiran Anda adalah Sungai Mahakam. Padahal selain itu, ada banyak tempat wisata di Samarinda yang tak kalah menarik untuk Anda kunjungi selama liburan.

Sekedar pengetahuan, Samarinda merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Timur. Dulunya termasuk bagian dari kekuasaan Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Kota ini juga dinobatkan sebagai kawasan terpadat di Kalimantan.

Salah satu ciri khas yang cukup terkenal dari Kota Tepian adalah hasil karya tenun dengan motif khasnya. Namun, pada kenyataannya kota ini mempunyai segudang destinasi pariwisata yang bagus.

Daftar Tempat Wisata Samarinda Populer

Bila dibandingkan dengan sejumlah tempat wisata terkenal di Indonesia, pariwisata di Samarinda memang masih kalah jauh. Tapi siapa sangka di Samarinda menyimpan banyak tempat wisata yang tak kalah menarik.

Mulai dari wisata alamnya yang eksotis, mencoba pengalaman baru menenun dan mempelajari berbagai budaya Suku Dayak. Pengunjung dapat melepas penat sekaligus liburan sambil menikmati keindahan sudut kota Samarinda.

Tertarik untuk mengunjungi keindahan kota Samarinda? Simak rekomendasi destinasi wisata kekinian di Samarinda untuk referensi tempat liburan.

1. Desa Wisata Pampang Samarinda: Desa Pampang menjadi salah satu destinasi desa wisata di Samarinda yang menyuguhkan keanekaragam budaya lokal suku di Samarinda. Para penghuni desa ini merupakan warga suku asli Dayak Kenyah.

Lokasinya berada di Jl. Wisata Budaya Pampang, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Anda dapat melihat langsung berbagai macam kegiatan warga suku dayak berlangsung di desa ini.

Setiap hari minggu akan ada pertunjukan seni di balai desa. Seluruh warga akan mengenakan pakaian tradisional khas Samarinda, Anda pun juga bisa turut mengikuti keseruan dengan memakai pakaian tradisionalnya.

2. Jungle Waterworld Samarinda: Objek wisata Samarinda satu ini merupakan satu-satunya wisata air dengan konsep taman rekreasi di alam terbuka. Lokasinya berada di KM 24, Guntunglai, Jl. Bontang, Tanah Merah, Samarinda Utara.

Tempat wisata keluarga ini mempunyai banyak area kolam renang dengan banyak wahana permainan yang seru. Wahana permainannya tak kalah jauh dengan The Jungle Waterpark salah satu waterpark terbaik di Bogor.

Wahana seluncuran yang memacu adrenalin patut anda coba saat berkunjung ke sini. Selain arena kolam renangnya yang beragam, Anda juga bisa mencoba sejumlah wahana outbound yang tak kalah seru.

Anda hanya perlu membayar sekitar Rp100.000,00 untuk dapat bermain dan menikmati seluruh wahana yang tersedia. Harga tersebut sudah termasuk ban, rompi, pelampung, dan kano. Jungle Water World sendiri beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00 WITA.

3. Ladang Budaya Tenggarong: Ladang Budaya Tenggarong atau juga dikenal dengan sebutan Ladaya merupakan destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Cocok untuk tempat melepas penat di tengah kesibukan aktivitas yang ada.

Tempat ini mempunyai daya tarik berupa tempat outbound yang seru dan mini zoo dengan koleksi hewan yang beragam. Mulai dari beruang madu, aneka burung hias seperti burung enggang, dan burung merak.

Selain itu terdapat terdapat odah rehat yakni bangunan kecil dengan bentuk khas budaya lokal yang dapat wisatawan sewa untuk beristirahat. Karena bentuknya yang unik, seringkali para wisatawan menggunakannya sebagai tempat berfoto.

Adapun harga tiket masuk masih cukup terjangkau yaitu sebesar Rp5.000,00 untuk anak-anak dan Rp10.000,00 untuk pengunjung dewasa. Untuk lokasinya sendiri tempat ini terletak di Jl. H. Bachrin Seman, Tenggarong, Kutai Kartanegara.

4. Kebun Raya Unmul Samarinda: Kebun Raya Unmul menjadi destinasi favorit wisata keluarga di Samarinda. Lokasinya berada di Jl. Kuaro, Gn kelua, Samarinda Ulu, Kalimantan Timur. Destinasi ini mempunyai koleksi flora dan fauna yang beragam.

Banyak keluarga yang membawa anaknya ke sini untuk menghabiskan waktu di akhir pekan atau saat sore hari. Ada berbagai jenis flora yang terdapat di sini, salah satunya tanaman anggrek hitam yang langka.

Adapun koleksi faunanya mulai dari orang utan, merak, buaya, kancil, dan lain-lain. Fasilitas yang dapat Anda temui yaitu playground untuk anak, panggung hiburan, delman, museum, dan kolam pemancingan.

Di sekitar pinggir jalan banyak pedagang yang menjual jajanan seperti pisang gapit, kuliner khas Indonesia yang cuma ada Kalimantan Timur. Harga tiket masuk Kebun Raya Unmul hanya sebesar Rp5000 dan beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 – 16.00 WITA

5. Samarinda Islamic Centre: Kali ini, Salsa Wisata akan menyuguhkan spot wisata religi Indonesia yang ada di ibu kota Kalimantan Timur ini. Ya, Samarinda Islamic Centre dapat menjadi destinasi wisata religi saat berkunjung ke Samarinda.

Dari kejauhan kemegahan bangunan masjid Samarinda Islamic Centre sudah terlihat. Desain bangunannya sendiri terinspirasi dari bangunan Masjid Hagia Sophia yang ada di Istanbul, Turki.

Masjid ikonik Samarinda ini memiliki menara yang menjulang tinggi hingga 99 meter yang bermakna jumlah asmaul husna. Saat hendak menuju tempat wisata di Samarinda, sempatkanlah untuk mampir ke masjid megah ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: traveloka.com