Ada yang Belum Tau Makanan Khas Suku Dayak? Berikut 9 Rekomendasinya untuk Kalian Coba

Ada yang Belum Tau Makanan Khas Suku Dayak? Berikut 9 Rekomendasinya untuk Kalian Coba

Botok Makanan Suku Daya--

DISWAY JOGJA - Indonesia memang sangat kaya akan beragam hal yang tersimpan di dalamnya. Masyarakat Indonesia tentunya harus berbangga dengan akan fakta tersebut. Seperti salah satu suku di Indonesia yang memiliki banyak kebudayaan unik dan kuliner yang menarik. Salah satunya adalah Suku Dayak yang memiliki beragam kuliner yang patut untuk kalian coba.

 

Berikut deretan makanan Khas Suku Dayak yang wajib kalian cicipi:

 

1. Bangamat

 

Bangamat merupakan makanan yang terbilang ekstrim jika dilihat dari bahannya. Kuliner khas suku Dayak ini terbuat dari daging kelelawar. Meskipun terdengar seram namun kalian tidak usah khawatir karena kelelawar yang digunakan tidak sembarangan. Masyarakat suku Dayak menggunakan kelelawar pemakan buah buahan. Bukan hewan malam jenis pemakan seranggan maupun yang suka memangsa darah.

 

2. Kalumpe atau Karuang

 

Masakan yang satu ini berasal dari suku Dayak Maayan yang menyebutnya Kalumpe. Sementara di Dayak Ngaju disebut denga Karuang. Bisa dikatakan jika masakan ini adalah sayur yang berbahan dasar daun singkong. Cara memasaknya dengan menumbuk daun singkong hingga halus selanjutnya akan dicampurkan dengan terong yang ukurannya sudah dipotong-potong menjadi kecil. Sebagai pendamping Kalumpe banyak dihidangkan bersama dengan ikan asin dan juga sambal terasi.

 

3. Botok Mengkudu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: