Ada yang Belum Tau Makanan Khas Suku Dayak? Berikut 9 Rekomendasinya untuk Kalian Coba

Ada yang Belum Tau Makanan Khas Suku Dayak? Berikut 9 Rekomendasinya untuk Kalian Coba

Botok Makanan Suku Daya--

Mendengar kata botok mungkin kalian akan langsung terbayangkan dengan makanan yang dibungkus dengan daun. Begitu juga dengan botok khas dari Suku Dayak ini merupakan ikan yang dibungkus dengan daun. Yang membuatnya unik adalah daun yang digunakan yakni daun mengkudu. Hal inilah yang menjadi daya tariknya sehingga olahan ikan dibungkus daun ini dikenal dengan botok mengkudu yang menambah citarasa.

 

4. Lemang atau Pulut

 

Lemang merupakan makanan khas suku Dayak yang bisa kalian temukan di daerah Kalimantan Barat. Lemang ini dihadirkan pada acara tertentu seperti pernikahan, acara adat maupun syukuran. Kuliner yang satu ini diolah dari bahan beras yang akan dimasukkan pada ruas bambu yang sudah dilapisi daun pisang. Beras akan dicampurkan dengan santan untuk mendapatkan rasa gurih. Kemudian untuk memasaknya dengan cara dipanggang di atas bara api.

 

5. Kue Dange

 

Kue Dange merupakan salah satu kuliner khas Dayak yang banyak digemari. Bukan hanya digemari oleh masyarakat lokal namun juga para wisatawan. Sangat nikmat bila menyantap kue dange ketika sedang berkumpul dengan keluarga. Cita rasanya yang gurih membuatnya sangat nikmat. Kue ini dimasak dengan cara dipanggang dengan bahan seperti tepung dan juga gula. Pemagang yang digunakan juga khusus sehingga bisa memunculkan rasa renyah.

 

6. Juhu Singkah

 

Jika dalam bahasa asli Dayak Ngaju maka disebut dengan Juhu Singkah. Sementara untuk Dayak Maayan dikenal dengan Uwut Nang’e yang berarti rotan muda. Bahan baku untuk membuat kuliner yang satu ini memang banyak ditemukan di daerah Kalimantan Tengah. Mengingat rotan tidak harus menanamnya sendiri namun bisa dengan mudah ditemukan di hutan yang membuat masyarakat suku Dayak menyukai olahan ini.

 

7. Kue Lepet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: