Ada yang Belum Tau Makanan Khas Suku Dayak? Berikut 9 Rekomendasinya untuk Kalian Coba

Ada yang Belum Tau Makanan Khas Suku Dayak? Berikut 9 Rekomendasinya untuk Kalian Coba

Botok Makanan Suku Daya--

 

Kuliner yang selanjutnya khas dari Suku Dayak adalah lepet yang merupakan jajanan tradisional. Kue lepet tak hanya sebagai kudapan namun juga sebagai makanan yang banyak digemari oleh masyarakat. Lepet dalam bahasa Dayak berarti lipat karena kue ini memang dilipat dengan menggunakan daun pisang. Dimana sebelumnya bahan yang terdiri dari gula merah, kelapa parut dan tepung ini akan di kukus terlebih dahulu.

 

8. Kue Tampi

 

Kue Tampi ini jika dilihat sekilas seperti kue cucur yang bisa kalian temukan di daerah Kalimantan Barat. Kue Tampi pada umumnya akan disajikan saat acara adat maupun acara pernikahan. Makanan yang satu ini berbahan dasar tepung beras yang dimasak dengan cara menggorengnya. Rasanya yang tidak terlalu dominan dan sederhana membuatnya menjadi sajian dalam acara adat. Meskipun demikian banyak yang menyukai kudapan satu ini.

 

9. Tempoyak Buah Durian

 

Di Kalimantan memang bisa dikatakan banyak sekali buah durian apalagi ketika sedang musimnya. Sehingga membuat masyarakat suku Dayak menggolahnya menjadi kuliner yang unik yakni tempoyak buah durian. Bagi kalian yang memang pecinta durian tidak boleh melewatkan kuliner yang unik satu ini. Bahan dasar dari kudapan ini tentu saja daging buah durian yang nantinya akan diolah dengan cara digoreng.

 

Nah, tadi ulasan tentang makanan khas suku dayak yang wajib sekali kalian coba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: