Baca ini! 12 Amalan Yang dianjurkan di Bulan Muharram

Baca ini! 12 Amalan Yang dianjurkan di Bulan Muharram

--

4. Bersedekah

Amalan bulan Muharram selanjutnya ialah bersedekah. juga dianjurkan Amalan ini lebih dianjurkan lagi diamalkan pada hari 'Asyura/ hari kesepuluh bulan Muharram.

5. Mandi

6. Mengenakan celak mata

 Celak mata dapat dikenakan salah satunya pada bulan Muharram. Sunnah ini sudah dilakukan sejak zaman Rasulullah karena memiliki manfaat untuk kesehatan mata.

7. Ziarah kepada ulama

Ziarah adalah salah satu amalan yang dianjurkan pada bulan ini, terkhusus ziarah kepada ulama-ulama baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

8. Menjenguk orang sakit

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Al-Barra bin Azib, Rasulullah menyuruh umatnya untuk mengiringi jenazah dan menjenguk orang sakit.

9. Menambah nafkah keluarga

Seperti halnya bersedekah, memberi nafkah kepada keluarga(mencukupi kebutuhan mereka) merupakan salah satu hal yang disukai oleh Allah.

Rasulullah SAW pernah berkata, "Orang yang melapangkan keluarganya pada hari Asyura', maka Allah akan melapangkan hidupnya pada tahun tersebut," (HR At-Thabarani dan Al-Baihaqi).

10. Memotong kuku

11. Mengusap kepala anak yatim

Rasulullah SAW pernah menyatakan bahwa siapa saja yang mengusap kepala anak yatim dengan tangannya di hari Asyura' maka Allah angkat derajat orang tersebut, satu rambut satu derajat kemuliaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nu.online