Baca ini! 12 Amalan Yang dianjurkan di Bulan Muharram

Baca ini! 12 Amalan Yang dianjurkan di Bulan Muharram

--

Tanpa disadari waktu berlalu dengan begitu cepat. Hari berganti minggu, minggu berganti bulan, hingga bulan yang berganti tahun. Kedatangan Muharram merupakan awal bergantinya tahun yang lalu dengan tahun hijriah yang baru.

Umat Islam, diharapkan tidak melewatkan momen ini dengan begitu saja. Melainkan yang lebih penting ialah mengisi dengan ibadah terbaik sebagaimana dianjurkan Rasulullah dan umat-umat terdahulu.

Mengingat keutamaan Bulan Muharram sangatlah beragam. Keutamaan-keutamaan tersebut harusnya diimbangi dengan berbagai amalan baik, sehingga momen tersebut benar-benar bernilai baik secara pribadi maupun sosial.

Berikut adalah 12 amalan Bulan Muharram sesuai anjuran Rasulullah:

1. Melakukan salat tasbih

Sholat Tasbih merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan pada bulan Muharram. Sholat ini sebaiknya dilakukan pada malam tanggal 10 Muharram. Atau bisa juga diwaktu-waktu lain.

Sholat yang terdiri dari empat rakaat ini merupakan anjuran Rasulullah guna mendapatkan pengampunan Allah dari segala salah yang disengaja maupun tidak disengaja. Jika dilakukan pada siang hari maka lakukanlah empat rakaat sekaligus dalam satu kali salam, dan setiap dua rakaat salam jika dikerjakan malam hari.

2. Puasa Sunah

Amalan yang tak kalah penting selanjutnya ialah melaksanakan puasa pada tanggal 9 yang biasa dikenal dengan Puasa Tasu'a dan 10 Muharram atau yang dikenal dengan Puasa Asyura.

Melansir pada laman MUI, umat muslim disarankan berpuasa pada hari Tasu'a dan Asyura karena dapat menghapus dosa-dosa selama satu tahun yang lalu. Dalam sebuah riwayat hadits shahih Rasulullah SAW menjelaskan:

عَنْ أَبِيْ قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ. فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ. رواه مسلم

Artinya: 

"Sahabat Abu Qatadah Radliyallah 'Anhu berkata, bahwa Rasulullah SAW ditanya tentang fadlilah atau keutamaan puasa pada hari 'Asyura (10 Muharram). Kemudian beliau menjelaskan, bahwa puasa pada hari 'Asyura itu dapat menghapus dosa-dosa setahun yang lalu". (HR. Muslim).

3. Menyambung silaturahmi

Menyambung silaturahmi merupakan salah satu amalan yang tidak kalah penting di bulan ini. Diantara keutamaan-keutamaan menyambung silaturahmi yakni, bertambah pahala, diridai Allah, disenangi malaikat, membahagiakan kerabat, diluaskan rezekinya, dan masih banyak keutamaan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nu.online