Inilah 6 Makanan Khas Tegal yang Wajib Anda Coba Saat Berkunjung ke Tegal

Inilah 6 Makanan Khas Tegal yang Wajib Anda Coba Saat Berkunjung ke Tegal

Inilah 6 Makanan Khas Tegal yang Wajib Anda Coba Saat Berkunjung ke Tegal--

DISWAY JOGJA - Tegal merupakan sebuah kawasan di Provinsi Jawa Tengah yang terdiri atas Kabupaten Tegal dan kota Tegal. Wilayah Tegal berbatasan dengan Kabupaten Brebes, sehingga makanan khas Tegal pun kerap kali disamakan meskipun berbeda.

Tegal juga dikenal memiliki beragam sajian kuliner yang enak. Mulai dari camilan hingga makanan berat. Soal kuliner, wilayah ini terkenal pula dengan Warteg atau Warung Tegal yang menyebar sampai ibu kota Jakarta.

1. Sega Ponggol

Makanan khas tegal yang pertama ada Sega Ponggol. Makanan khas Tegal Jawa Tengah yang sering disajikan saat sarapan. Segaponggol yaitu menu sarapan khas Tegal yang dibuat dengan campuran nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang.

Di dalamnya nasi putih disajikan dengan lauk tempe dan tahu orek.

2. Sega Lengko

Makanan khas Tegal yang kedua ada sega ponggol, Tegal juga memiliki makanan khas yaitu segalengko. Segalengko dibuat dengan campuran nasi yang dicampur dengan beberapa topping seperti mentimun, tahu, tempe, tauge rebus yang semuanya diiris dan ditaburkan di atas nasi hangat.

Sega lengko kemudian disiram dengan bumbu sambal kacang dan kecap manis. Enak dijadikan sebagai menu sarapan ataupun makan siang.

3. Sate Tegal

Dan yang ketiga ada Sate tegal. Sate ini dibuat dengan daging kambing balibul atau batibul.Batibul atau balibul adalah sebutan untuk sate kambing muda yang menggunakan daging kambing usia di bawah tiga bulan dan lima bulan.

Sate Tegal selalu menggunakan daging kambing muda sehingga danging tersebut empuk dan enak. Sate kambing juga biasanya disajikan di atas piring hotplate sehingga aroma bakaran arang semakin sedap.

4. Soto Taucho

Lalu makanan khas tegal yang keempat ada juga hidangan berkuah yang sedap. Soto ini berbeda dengan jenis soto-soto di daerah lain. Soto taucho ini dibuat dengan bumbu tauco. Tauco merupakan makanan fermentasi yang dibuat dengan biji kedelai yang sudah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian difermentasi.

5. Kupat Glabed

Lalu makan yang kelima Memiliki nama yang cukup unik, Tegal juga memiliki makanan khas bernama kupat glabed. Dapat ditemui di beberapa sudut wilayah kota Tegal,kupat glabed disebut memiliki kuah yang kental dengan sensasi rasa yang mirip seperti bumbu rendang.

Seporsi kupat galbed berisi potongan kupat, tempe, sayur kuning, sambal merah dan kerupuk mie kuning. Sebagai pelengkap, kupat glabed juga sering dinikmati bersama dengan aneka sate yakni sate ayam, sate kerang atau sate kikil.

6. Kupat Blengong

Lalu makan khas tegal yang terakhir Tak hanya di Tegal, kupatBlengong juga terkenal di kawasan Brebes. Karena tempatnya yang berdekatan, beberapa makanan di Tegal juga terkenal diBrebes, salah satunya kupat Blengong ini.

Blengong adalah hewan yang dihasilkan dari perkawinan antara bebek dan mentok (entok). Rasa daging blengong ini mirip dengan bebek dengan serat yang lebih lunak. Kupat blengong ini disajikan dengan kuah kupat glabed hanya saja ditambah dengan sate blengong yang sudah dibakar dengan racikan  bumbu khas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: