Sayang dilewatkan! Ini Rekomendasi Menu Makan Jika Kamu Seharian di Tegal

Sayang dilewatkan! Ini Rekomendasi Menu Makan Jika Kamu Seharian di Tegal

--

DISWAYJOGJA.ID - Terkenal dengan wartegnya yang tersebar di berbagai kota, Tegal menjadi salah satu destinasi kuliner yang sayang untuk tidak dikunjungi. Letaknya yang berada di tengah Pulau Jawa ini, membuat Tegal mudah dikunjungi baik untuk berlibur maupun berkuliner.

Bagi kamu yang berencana atau sedang berada di Kota Tegal, berikut rekomendasi makanan dan minuman khas Tegal yang siap menemanimu dari pagi sampai ke pagi lagi.

1. Makanan Pagi

Untuk menu makanan pagi, kamu bisa menjadikan Sega Ponggol sebagai pilihan. Nasi dengan lauk tempe orek ini sudah menjadi menu sarapan wajib bagi mayoritas warga Tegal

Salah satu warung ponggol legendaris adalah Ponggol Setan Ibu Kusniroh yang beralamat di Kejambon, Tegal. Bila kamu sedang di Tegal bagian Selatan maka warung Ponggol Balapulang tidak kalah sedap rasanya. Terlebih penyajiannya yang menggunakan daun jati membuat sarapan pagimu terasa nikmat.

Namun, bila tidak terbiasa sarapan nasi, tidak ada salahnya untuk mencoba Kupat Bongkok. Menu yang satu ini merupakan isian ketupat yang disiram dengan kuah gurih dan diberi sayur maupun sambel goreng tempe diatasnya.

Ada pula menu sarapan lain seperti sega lengko, sega lagi, dll, yang siap menggoyang lidahmu .

2. Makanan Siang

Geser ke waktu siang, cocok rasanya bila mengonsumsi makanan yang berkuah-kuah. Berbeda dengan kota lain, Tegal mempunya Soto Tauco yang mempunyai warna dan rasa yang pekat. Kamu bisa memilih isian soto menggunakan ayam, daging, babad, maupun campuran ketiganya. Didalamnga terdapat isian nasi/ketupat, tauge, teropong serta bihun.

Salah satu warung soto yang terkenal ialah Warung Soto Sedap Malam Pak Da'an Jenggot yang beralamat di Talang, Tegal.

Ada pula rekomendasi makanan siang lain bila kamu sedang di Margasari, Tegal. Yakni Sate Ayam Margasari, dan Kupat Pak Kidi yang sangat terkenal seantero kota Tegal.

Setelah puas makan siang, kamu bisa mencicipi es khas Tegal seperti Es Sagwan & Es Lontrong. Dimana sekali teguk, langsung menghilangkan dahaga ditubuhmu.

3. Makanan Malam

Sebelum melanjutkan ke makan malam. Sayang sekali jika kamu melewatkan cemilan sore saat di Tegal. Ada Tahu Aci Pletok khas Tegal yang bisa kamu santap sambil meminum Teh Poci Gula Batu. Wah perpaduan yang sangat pas sekali bukan? Apalagi bila disajikan ketika masih hangat.

Untuk kamu penggemar daging kambing, Sate Kambing muda khas Tegal ini sayang banget untuk tidak dicoba. Sate ini mempunyai tekstur yang sangat lembut, mudah digigit, gurih, Juicy, dan tidak prengus pastinya.

Untuk penjualannya, Tegal tidak menggunakan jumlah per tusuk, melainkan per kodi yakni 20 tusuk. Sambil menikmati Sate Tegal, sayang rasanya bila tidak mencicipi sop kambing dan asem-asemnya yang tidak kalah gurih dimulut.

Beberapa warung sate Tegal yang terkenal adalah Sate Batibul Bang Awi, Sate Cempe Lemu yang beralamat di Adiwerna dan Sate Kambing Mendo Wendy's yang sudah didatangi oleh banyak artis.

Jika kamu bukan penggemar daging, kamu bisa mencicipi kupat glabed khas Tegal yang dapat kamu temui disepanjang jalanan Tegal. Kuah kental dan rasa gurihnya, bikin kamu ketagihan.

Itu tadi, rekomendasi menu makanan pagi hingga malam yang patut kamu coba saat di Tegal. Tenang untuk harga menu makanan diatas sangat ramah kantong. Yuk, tunggu apa lagi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: