Tidak Sanggup Berhaji? Ini 5 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Ibadah Haji dan Umroh

Tidak Sanggup Berhaji? Ini 5 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Ibadah Haji dan Umroh

Sebagian dari kita tidak bisa melaksanakan ibadah haji karena masa tunggu lama, uzur sakit atau karena fisik karena usia. --

Rasulullah menjelaskan bahwa seseorang yang pergi untukmu belajar kebaikan atau untuk mengajarkan kebaikan ke masjid maka dia juga akan mendapatkan pahala seperti orang yang melaksanakan ibadah haji.

Sebagaimana sabda Nabi yang artinya, “Barang siapa yang pergi ke masjid tidak bermaksud atau tidak berniat kecuali untuk belajar kebaikan atau ingin mengajarkan kebaikan maka akan diberikan pahala seperti pahala seorang yang melaksanakan ibadah haji secara sempurna.”

3. Berdzikir Usai Sholat Lima Waktu

Perbuatan ibadah yang juga mendatangkan pahala seperti ibadah haji dan umrah adalah berdzikir. Yaitu membaca tasbih, tahmid, dan takbir setelah selesai melaksanakan salat lima waktu.

Dalam hadits Nabi SAW dari Abu Hurairah dijelaskan ada beberapa sahabat Rasulullah dari kalangan tidak mampu alias orang fakir.  Mereka mengeluh karena merasa amalnya kalah dengan orang-orang kaya yang ibadahnya lebih banyak karena bisa pergi haji dan bersedekah. 

Rasulullah SAW mengatakan cukup kalian bertasbih membaca Subhanallah, bertahmid yaitu membaca Alhamdulillah, dan bertakbir membaca Allahu Akbar setelah selesai shalat lima waktu.

Amal ibadah besar ini tapi banyak dari kita tidak tahu bahwa pahalanya adalah seperti melaksanakan ibadah haji dan umrah, seperti berjihad, dan seperti bersedekah. 

4. Shalat Subuh di Masjid

Yang keempat yaitu apabila kita pergi ke mesjid untuk melaksanakan shalat subuh lalu kita berikhtiar di masjid sampai menunggu matahari terbit lalu kita melaksanakan shalat dua rakaat (shalat isyroq). 

Sebagaimana dikatakan Rasulullah SAW barangsiapa yang shalat subuh secara berjamaah, lalu dia duduk di tempat dan melakukan amal kebaikan misalnya membaca Quran, berzikir, bersalawat, dan sebagainya sampai terbit matahari. Lalu setelah itu dia shalat dua rakaat (isyroq) maka dia seperti mendapatkan pahala haji dan umrah secara sempurna.”

5. Berbakti kepada Kedua Orang Tua

Yang terakhir amalan yang pahalanya setara dengan ibadah haji dan umroh adalah berbakti kepada orang tua.

Suatu ketika datang seorang laki-laki kepada Rasulullah SAW dan berkata ingin berjihad namun tidak mampu. Karena orang ini ada udzur cacat atau sakit dan tidak mempunyai harta.  

Lalu Rasulullah bertanya, “Apakah ada orang tuamu yang masih hidup atau masih ada yang tersisa dari orang tuamu yang masih hidup?”

Laki-laki tersebut menjawab, “Umi atau ibuku masih hidup ya Rasulullah.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: