Tidak Sanggup Berhaji? Ini 5 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Ibadah Haji dan Umroh

Tidak Sanggup Berhaji? Ini 5 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Ibadah Haji dan Umroh

Sebagian dari kita tidak bisa melaksanakan ibadah haji karena masa tunggu lama, uzur sakit atau karena fisik karena usia. --

DISWAY JOGJA – Ada lima amalan yang pahalanya setara dengan ibadah haji dan umroh. Amalan tersebut sebenarnya bis akita lakukan apabila punya niat sungguh-sungguh dan istiqomah atau konsisten. 

Banyak orang memimpikan bisa melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekah. Namun kadang sebagian terhalang oleh dana maupun keadaan fisik atau usia. 

Ada kalanya kita sudah mempunyai dana yang cukup, namun masa tunggu keberangkatan haji masih lama. Beberapa daerah atau propinsi bahkan sampai puluhan tahun. 

Bisa jadi sebagian dari kita sudah mendaftar haji, namun keadaan fisik yang tidak memungkinkan. Karena sakit atau usia. Padahal ibadah haji juga menuntut kesiapan fisik yang prima. 

BACA JUGA:Tidak Hanya Baca Surat Yasin, Ini 4 Amalan Malam Jumat agar Seluruh Dosamu Diampuni

Namun janganlah hal tersebut membuat kita kecewa dan berkecil hati. Ada 5 amalan yang bisa kita lakukan yang pahalanya setara dengan ibadah haji dan umroh. 

Rasulullah SAW telah memberitahukan kepada kita ada beberapa amal ibadah yang jika kita lakukan dengan penuh keikhlasan akan diberikan pahala oleh Allah SWT seperti pahala orang yang melaksanakan ibadah haji dan umrah. 

Apalagi pahala tersebut berasal dari amalan yang sederhana bahkan bisa kita lakukan setiap hari. Amalan tersebut antara lain:

1. Pergi ke Masjid untuk Sholat Wajib Berjamaah

Amalan pertama adalah pergi ke masjid atau mushola untuk melaksanakan salat wajib secara berjamaah.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dan Ahmad yang bunyinya, “Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci atau berwudhu untuk melaksanakan salat wajib lima waktu di masjid maka pahalanya seperti pahala orang yang berhaji.”

BACA JUGA:Al Azhar Mesir Hampir Ditutup Presiden Soekarno Menyelamatkannya, Ini Dialognya dengan Presiden Mesir

Kita bisa melaksanakan salat wajib secara berjamaah lima kali sehari. Sehingga kesempatan kita untuk mendapatkan pahala haji sangat terbuka luas sebagaimana sabda Nabi.

2. Mengajarkan Kebaikan atau Belajar ke Masjid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: