Puncak Arus Mudik dan Balik Saat Nataru 2023 di Jogja, Diperkirakan Pada Tanggal Ini

Puncak Arus Mudik dan Balik Saat Nataru 2023 di Jogja, Diperkirakan Pada Tanggal Ini

Arus mudik ke Yogyakarta. -Foto: JPNN -

YOGYAKARTA, DISWAYJOGJA.ID - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 ini, diperkirakan masih banyak masyarakat yang datang ke Jogja menggunakan transportasi umum seperti bus dan kereta api.

Terminal Giwangan memperkirakan jumlah penumpang naik 5-7 persen dibandingkan libur Nataru tahun lalu. 

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta mengatakan pihaknya telah mempersiapkan diri untuk menyambut penumpang jika membeludak hingga dua kali lipat. 

BACA JUGA:Jelang Perayaan Natal, Pemkab Sleman Pantau Eks Napiter

“Puncak arus kedatangan penumpang terjadi pada 23-24 Desember dan pada 30-31 Desember 2022. Sedangkan puncak arus balik pada 24-25 Desember dan pada 31 Desember-1 Januari 2023,” katanya, dikutip dari jogja.jpnn.com, Rabu 21 Desember 2022.

Kenaikan jumlah penumpang di Terminal Giwangan saat libur akhir tahun dipicu karena saat ini sudah tidak ada lagi pembatasan perjalanan seperti diterapkan tahun lalu karena pandemi Covid-19. 

BACA JUGA:Jangan Sembarangan Buang Sampah di Yogyakarta, Bisa Kena Denda Rp 500 Ribu

Jika pada masa libur akhir tahun pada 2021 total jumlah penumpang yang tiba di Terminal Giwangan tercatat sebanyak 50.207 penumpang, pada tahun ini diperkirakan naik 5,35 persen. Penumpang yang diberangkatkan diperkirakan naik 7,1 persen dibanding total penumpang tahun lalu sebanyak 78.210 orang. 

"Kami masih akan mengoptimalkan armada reguler yang diberangkatkan untuk memenuhi kebutuhan penumpang, belum menyiapkan armada tambahan," katanya.

BACA JUGA:Mau ke Jogja? Hindari 3 Lokasi Ini saat Momen Libur Nataru

Di Terminal Giwangan tercatat sebanyak 1.163 armada bus antar kota antar provinsi (AKAP) reguler yang melayani penumpang dengan berbagai tujuan seperti Jakarta, beberapa daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali dan beberapa kota di Sumatera. 

Posko masa angkutan Natal dan Tahun Baru di Terminal Giwangan dimulai pada Senin (19/12) dan akan berakhir pada 4 Januari 2023. 

"Kami pun rutin melakukan ramp check untuk memastikan kelaikan armada bus untuk mendukung keamanan penumpang selamat sampai tujuan," katanya. 

BACA JUGA:Libur Nataru, Jadwal KA Bandara Akan Ditambah dari Subuh Sampai Malam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn