Mau ke Jogja? Hindari 3 Lokasi Ini saat Momen Libur Nataru

Mau ke Jogja? Hindari 3 Lokasi Ini saat Momen Libur Nataru

Polda DIY mewaspadai tiga lokasi di Kota Yogyakarta yang berpotensi mengalami kepadatan lalu lintas saat momen Nataru. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya) --

YOGYAKARTA, DISWAYJOGJA.ID – Ada tiga lokasi di Kota Yogyakarta yang patut diwaspadai karena berpotensi mengalami kemacetan lalu lintas saat momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Tiga lokasi dimaksud yakni di kawasan Tugu Yogyakarta, Keraton dan Malioboro.

Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Brigjen Pol R Slamet Santoso mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan enam jalur alternatif untuk mengantisipasi kepada lalu lintas menuju ke Kota Yogyakarta. 

BACA JUGA:Libur Nataru, Jadwal KA Bandara Akan Ditambah dari Subuh Sampai Malam

“Jalur alternatif ada enam. Baik dari Tempel, dari Kulon Progo maupun dari Prambanan,” katanya dikutip dari jogja.genpi.co, Sabtu 17 Desember 2022.

Kepala Dishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti sebelumnya memprediksi akan nada sekitar 4,1 juta orang yang masuk ke Yogyakarta menjelang libur Nataru. 

Puncak kedatangan wisatawan diperkirakan terjadi pada 23 Desember 2022 dan puncak kepulangannya pada 1 Januari 2023. 

BACA JUGA:Gerakan Zero Sampah Anorganik, Warga Yogyakarta Diminta Mengolah Sampah Secara Mandiri

Made menyebut pada saat momentum libur akhir tahun itu mobilitas di DIY akan mencapai tujuh juta orang sehingga rawan terjadi kemacetan. 

Made mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan nantinya pengguna kendaraan akan diarahkan memakai jalur alternatif.

BACA JUGA:Ini Jawaban Mahfud MD untuk Netizen yang Kritik Foto Gus Dur Telanjang Dada, Wawasan Picik!

Dia menyebut setiap kabupaten nantinya menyiapkan informasi terkait jalur alternatif tersebut.

“Kami harus memecah arus dari awal. Misal jalur masuk di Prambanan harus dipecah tidak harus lewat Jalan Adisucipto, tapi lewat Sleman,” ucapnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: genpi