Daftar 5 Museum Edukasi di Kota Magelang, Nomor 4 Satu-Satunya di Indonesia

Daftar 5 Museum Edukasi di Kota Magelang, Nomor 4 Satu-Satunya di Indonesia

Alun Alun Kota Magelang--

Selain terdapat dipan untuk memandikan jenazah museum juga menyimpan ranjang tempat Sudirman wafat. Ranjang, kasur, seprei, kursi, almari (yang tersimpan di kamar Sudirman) itu semua asli. 

Juga terdapat benda asli peninggalan Jenderal Sudirman di museum tersebut, seperti  meja dan kursi tamu, meja makan, serta buffet tempat menyimpan peralatan makan.

Tidak ada catatan pasti kapan Jenderal Sudirman mulai menempati rumah di Jalan Ade Irma Suryani. Namun, berkisar 3 bulan lamanya Sudirman menjalani perawatan kesehatan di rumah ini. 

3. Museum Abdul Djalil 

Foto: Museum Abdul Djalil

Museum Abdul Djalil, yang berada di komplek Akademi Militer (Akmil) Magelang tepatnya Jalan Gatot Soebroto, Jurangombo Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah 56123. 

Tak hanya sekedar mengetahui dunia militer tapi kita bisa belajar sejarah dari benda-benda koleksi yang tersimpan di museum tersebut. 

Yang menarik dan menyita perhatian pengunjung adalah koleksi senjata cukup lengkap yang tersimpan di ruang senjata. 

Ada aturan khusus yang harus ditaati oleh pengunjung, yakni dilarang keras membawa kamera dalam bentuk apa pun termasuk kamera yang terdapat pada handphone. 

Khusus wisatawan asing dilarang masuk ruang senjata demi kepentingan nasional. Namun mereka tetap bisa mengunjungi ruangan lain. 

Kalau Anda warga negara Indonesia, Anda tetap bisa masuk ke ruang senjata tapi dilarang mengambil gambar dengan kamera atau handpohone. Namun bisa melihat koleksi senjata dan merekam dalam ingatan. 

Foto: Museum Abdul Djalil

Menurut keterangan petugas museum, di ruang senjata memang tidak diperbolehkan memotret karena dihawatirkan akan terpublikasi dan dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.disway.id